Pimpinan Daerah
WEB SUBDOMAIN
INFO PUBLIK

Berita Mojokerto

GERNAS MANJUR HUT HIMPAUDI ke-11 Falsafah Kejujuran, Ibarat  Mata Uang Universal

GERNAS MANJUR HUT HIMPAUDI ke-11 Falsafah Kejujuran, Ibarat Mata Uang Universal

GERNAS MANJUR (Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur) melalui Dongeng, Musik dan Main di PAUD, serta Pembelajaran Bermakna dan Menyenangkan Keluarga, menjadi tema HUT HIMPAUDI (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini) ke-11. Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto, Ikfina Kamal Pasa beserta Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, menanamkan pesan kejujuran sejak dini kepada ratusan murid PG-TK Al-Izzah, Desa Setoyo Balongmojo, Kecamatan Puri, Jumat 20 Mei 2016 pagi.

            “Kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimanapun, sifatnya universal. Orang yang jujur dalam laku dan tutur akan selalu dihargai dalam hidup. Saya berharap para penggerak GERNAS MANJUR Kabupaten Mojokerto baik itu pendidik maupun orangtua, bisa menanamkan falsafah ini pada anak-anak sejak dini,” ujar Bupati dalam sambutan.

            Didukung Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan juga Komisi Permberantasan Korupsi (KPK), GERNAS MANJUR HUT Himpaudi ke-11 yang digelar serentak se-Indonesia ini, Bupati mengajak pihak-pihak swasta seperti perusahaan dan bank untuk mendukung gerakan ini melalui CSR (Coorporate Social Responsibility).

            “GERNAS MANJUR merupakan gagasan brilian yang berhasil diwujudkan, akan makin sempurna jika didukung pihak-pihak swasta seperti korporasi atau bank berupa kegiatan CSR. Membentuk karakter jujur pada anak merupakan tanggung jawab sosial kita semua, sebab anak-anak merupakan tunas muda penerus bangsa,” tambah Bupati.

            Ketua HIMPAUDI Kabupaten Mojokerto, Khoirul Izza, meyakini jika kejujuran merupakan sebuah pondasi dan intergritas bangsa yang mengantar ke kehidupan bahagia. “Kejujuran merupakan pondasi dan intergitas bangsa. Pembelajaran Aku Anak Jujur sesuai dengan 10 Prinsip PAUD yakni belajar melalui bermain, berorientasi pada perkembangan anak, berorientasi pada kebutuhan anak, berpusat pada anak, pembelajaran aktif, berorientasi pada pengembangan nilai-nilai karakter, berorientasi pada pengembangan kecakapan hidup, didukung oleh lingkungan yang kondusif, berorientasi pada pembelajaran yang demokratis, dan pemanfaatan media belajar, sumber belajar, dan narasumber penggunaan,” lengkap Izza.

            Ikfina selaku Bunda PAUD, lewat ‘sapaan cinta’ menstimulasi seluruh murid PG-TK Al-Izza Puri untuk percaya diri menjadi anak jujur. Ikfina yang merupakan first lady Kabupaten Mojokerto, bahkan ikut memandu gerak dan senam ‘Si Kumbi Anak Jujur’ bersama sang suami, Bupati Mustofa Kamal Pasa. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Yoko Priyono, dan SKPD terkait, juga berbaur dalam keceriaan ratusan murid PG-TK Al-Izza yang antusias dan kompak. 

            HUT HIMPAUDI ke-11 ditutup dengan sesi parenting yang diberikan langsung oleh Ikfina Kamal Pasa. Dalam salah satu materinya, Ikfina menekankan pentingnya mendengarkan dengan seksama perkataan anak. Ia berpesan kepada para orangtua, agar tidak mengintervensi dan membebankan kesalahan yang telah diperbuat anak.

            “Anak-anak tidak boleh diintervensi dan ditakut-takuti, karena anak di usia 3-6 tahun rata-rata sudah bisa menalarkan apa yang mereka terima sebagai suatu pesan. Tetap berlaku dan bertutur lembut, akan memaksimalkan potensi mereka baik dari tumbuh kembang maupun intelegensia,” pesan Ikfina.(Bagian PDE+Bagian Humas Protokol)  

Selengkapnya ......

Potensi Ekowisata Kabupaten Mojokerto  Capai 3000 Pengunjung Per Tahun, Bupati Beri Standing Applause Kampung Organik Brenjonk

Potensi Ekowisata Kabupaten Mojokerto Capai 3000 Pengunjung Per Tahun, Bupati Beri Standing Applause Kampung Organik Brenjonk

                Usaha penggenjotan sektor pariwisata benar-benar digalakkan pada periode ke-dua ini. Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, serius dengan proyek pengembangan 3 daerah utama destinasi wisata yaitu Trowulan, Pacet, dan Trawas. Seperti yang dilakukannya kala mengunjungi dan melakukan dialog interaktif dengan petani organik Kampung Organik Brenjonk, Desa Penanggungan, Trawas, Rabu 18 Mei 2016 pagi kemarin.

            “Kami mengajak petani menurunkan asupan pupuk kimia dan penggunaan pestisida pada tanaman pangan. juga mengajak setiap penduduk membangun RSO (Rumah Sayur Organik) sekitar 5x10 persegi di lahan kosong lereng Penanggungan dan Welirang yang mengelilingi Kecamatan Trawas dan Pacet ini. Brenjonk telah mendampingi 117 petani dan ibu rumah tangga mengolah RSO. Dari sini, tambahan penghasilan dapat diraih hingga lebih dari Rp 500 ribu per bulan dengan rata-rata kunjungan mencapai 3000 orang per tahun. Kami memasarkan 40 jenis produk organik di beberapa supermarket lokal di Surabaya dan Malang,” papar Slamet, inisiator Kampung Brenjonk di dalam forum.

            Kades (Kepala Desa) Penanggungan, Suma’iyah, juga menjabarkan keunggulan Kampung Brenjonk yang berpotensi tinggi sebagai ekowisata, namun Suma’iyah mengakui masih banyak beberapa kekurangan yang terdapat di dalam ekowisata Kampung Brenjonk. Senada dengan paparan Slamet, Suma’iyah secara detail menambahkan jika animo kunjungan yang tinggi ke Kampung Brenjonk tidak cukup tercover dengan sempurna.

            “Kunjungan ke Kampung Brenjonk mencapai 3000 orang, namun dalam beberapa kali kesempatan kita tidak dapat mengcover. Hal ini karena keterbatasan akses infrastruktur jalan, kendaraan besar seperti bus tidak bisa masuk sini karena lebar jalan tidak memadai. Bahkan sarana pertemuan pun menggunakan pendopo Balai Dusun berkapasitas 100 orang yang belum rampung,” papar Sumai’iyah.

            Perempuan berhijab tersebut sangat optimis jika Desa Penanggungan punya prospek kuat sebagai jujukan wisata. “Ada 50 unit rumah yang berpotensi untuk dijadikan homestay. Adik-adik mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi, sering melakukan studi banding dan kerja lapangan di sini. Kita ingin support dari Pemerintah Kabupaten Mojokerto, agar wisata di Trawas khususnya Kampung Organik Brenjonk di desa kami,” tambah Suma’iyah.

            Sebagai organisasi, kegiatan utama Brenjonk sendiri adalah membuat dan menyosialisasikan gerakan pertanian dengan sistem organik, secara lengkap diartikan sebagai budidaya pertanian yang dilakukan secara ekologis, menggunakan pupuk dan pestisida alami, mengedepankan keragaman (biodiversity) dan menjamin keberlanjutan (sustainability). Setiap bulan Brenjonk mampu memproduksi 5 ton pupuk organik yang diproduksi dari sampah organik penduduk sekitar. Setiap penduduk bisa menjual 20-50 sak sampah daun dan kotoran ternak per bulannya.

            Kejeniusan Kampung Organik Brenjonk Trawas patut diacungi jempol, Bupati Mustofa Kamal Pasa memberi standing applause kepada Desa Penanggungan yang berhasil menggagas Kampung Organik Brenjonk yang telah mengantongi deret prestasi berskala nasional ini. Setiap produk dari sini telah terjamin sertifikasi organik dari PAMOR (Penjaminan Mutu Organik) Indonesia, yaitu skema sertifikasi Sistem Penjaminan Partisipatif (Participatory Guarantee System-PGS) yang di dalamnya memuat tentang Standar Pangan Organik yang dikembangkan oleh IFOAM.

            “Saya banyak mendengar prestasi Kampung Organik Brenjonk Trawas, standing applause untuk para pengelola dan perangkat Desa Penanggungan. Seperti yang sudah disampaikan oleh Ibu Sumaiyah dan Mas Slamet tadi, kami dari Pemerintah Kabupaten Mojokerto mensupport penuh pengembangan ekowisata di Trawas. Sama seperti yang kami fokuskan di 2 daerah lain yakni Pacet dan Trowulan. Melalui APBD, pembangunan infrastruktur jalan pendukung bisa kita lebarkan 5-6 meter untuk mendukung problem tidak tercovernya lonjakan pengunjung yang mencapai 3000 wisatawan per tahun. Saya minta Bu Kades dan perangkat untuk membuat list dan proposal segera, petakan dan catat kebutuhan apa saja yang diperlukan,” terang Bupati.

            Kampung Organik Brenjonk yang telah mendapat apresiasi program Community Base Initiative (CBI) Ashoka pada tahun 2007 ini, juga menawarkan paket-paket wisata bervariasi antara lain wisata Susur Kampung Organik, Andai Aku Jadi Petani, Kuliner Organik, Wisata Herbal Organik, Wisata Rumah Sayur Organik, Pengolahan Pupuk Organik, Wisata Buah Lokal, Wisata Budaya, dan wisata Energi Terbarukan (Biogas).(Bagian PDE+Bagian Humas Protokol)

Selengkapnya ......

Audiensi Pengurus Fatayat NU Pemkab dan Ormas Satu Irisan

Audiensi Pengurus Fatayat NU Pemkab dan Ormas Satu Irisan

Pemerintah Kabupaten Mojokerto memberi dukungan penuh, atas upaya peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) lewat organisasi agama dan kemasyarakatan. Demikian yang diungkapkan Wakil  Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, saat menerima tamu audiensi dari Pengurus Fatayat Kabupaten Mojokerto, Selasa 17 Mei 2016  pagi.

            Ketua rombongan Fatayat, Sulami, mengatakan jika kini organisasi wanita muda di bawah panji NU (Nahdlatul Ulama) tersebut, terus melakukan upgrading program maupun kegiatan bersifat sosial yang kreatif dan inovatif.

            “Kami menyusun dan melakukan program-program pelatihan, misalnya tentang UU Aparatur Desa, Inisiasi Menyusi Dini, dan Pelatihan Pendampingan ASI. Di bidang ekonomi kami juga membuat pelatihan UMKM dan membuat rintisan koperasi (usaha bersama) yang kami beri nama Koperasi Yasmin,” ungkapnya.

            Sulami juga menambahkan jika saat ini Fatayat NU Kabupaten Mojokerto memiliki sebuah lembaga konseling untuk melindungi perempuan dan anak dari kekerasan. “Sudah satu tahun ini, kita punya Lembaga Konsultasi Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Sifatnya lebih kepada pendampingan kepada korban. Nantinya LKPPA tersebut menggandeng Tim Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak ( TP2TP2A) Kabupaten Mojokerto. Kami harap bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Mojokerto,” harap Sulami.

            Wakil Bupati yang juga didampingi Asiten Pemerintahan dan Kesra, Akhmad Jazuli, serta Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengatakan jika dalam periode pertama kepemimpinnya mendampingi Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, mereka berkomitmen untuk tetap fokus pada pembangunan infrastruktur. Namun bukan berarti mengendorkan program di luar itu, seperti bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, dan tentunya peningkatan SDM.  

            “Pemerintah Kabupaten Mojokerto membagi anggaran kegiatan dengan porsi yang berimbang, yakni fisik dan non-fisik. Hal ini juga sudah sering ditekankan oleh Bapak Bupati di setiap kesempatan. Penting bagi kami di Pemerintah Daerah, untuk terus melakukan konsolidasi dengan elemen masyarakat, termasuk di dalamnya organisasi wanita seperti Fatayat NU. Kami concern terhadap semua organisasi sosial agama maupun  kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Mojokerto, karena keduanya merupakan satu irisan,” tandas Pung.

            Didik Chusnul Yakin, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, di forum yang sama memaparkan jika salah satu perhatian utama program Pemerintah Kabupaten di bidang kesehatan kini terus ditingkatkan inovasinya.

            “Program kesehatan di Kabupaten Mojokerto cukup banyak. Kita ada 27 Puskesmas, 55 Puskesmas Pembantu, dan 216 Ponkesdes. Kita buat program pengganti Jampersal (Jaminan Persalinan), yaitu program ‘Rumah Tunggu Kelahiran’. Ibu hamil yang akan segera melahirkan, kita beri fasilitas rumah yang kita kontrakkan dekat Puskesmas. Kita ingin para ibu cepat mendapat pertolongan persalinan secepat mungkin, biaya makan minum selama di Rumah Tunggu Kelahiran akan kita cover,” terang Didik. (Bagian PDE+Bagian Humas Protokol) . 

Selengkapnya ......

Peringatan Isra  Mi raj 1437 H Dokter Paliatif Beri Siraman Rohani Berbumbu Kesehatan

Peringatan Isra Mi raj 1437 H Dokter Paliatif Beri Siraman Rohani Berbumbu Kesehatan

                Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Herry Suwito, mewakili  Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, menyampaikan amanat tentang transformasi spiritual dan sosial pada acara Peringatan Isra’ Mi’raj 1437 H Tahun 2016, di Pendopo Graha Majatama, Senin 16 Mei 2016 pagi.

            “Pada peringatan Isra’ Mi’raj 1437 H ini, mari kita transformasikan nilai spiritual dan sosial dalam diri kita menuju arah lebih baik. Spiritual dalam arti meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah, sedangkan sosial artinya lebih memperbaiki hubungan dengan sesama yakni dari kesesalan menuju kesholehan,” ucap Herry.

            Herry menambahkan pula pentingannya evaluasi dalam proses pembangunan, demikian juga dengan sikap menghormati hukum, melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik, dan mengedepankan demokrasi yang santun  dan berakhlaq.

            “Kabupaten kita terus berbenah diri, evaluasi sangat diperlukan dalam sebuah proses tata kelola pemerintahan yang sehat. Dengan menghormati hukum dan menjunjung demokrasi yang santun, insyallah sari kebaikan dari peristiwa agung perjalanan Isra’ Mi’raj turut menaungi pemerintahan kita,” harapnya.

            Asisten Pemerintahan dan Kesra, Akhmad Jazuli, juga menerangkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menunjukkan kecintaan umat Islam terhadap Rasulullah Muhammad SAW. Peristiwa Isra Miraj merupakan perjalanan Rasulullah untuk menerima perintah shalat 5 waktu. Dengan melaksanakan sholat secara baik dan benar akan mencegah serta menghindarkan umat islam dari perbuatan keji dan mungkar, seperti yang sudah diamanahkan dalam Al-Quran.

                Kepala Instalasi Paliatif Kanker dan Bebas Nyeri RSUD dr. Soetomo, dr. Agus Ali Fauzi, PGD Pall Med, dihadirkan sebagai penceramah sekaligus motivator. Paliatif sendiri adalah suatu pendekatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan pasien dan keluarganya, menghadapi masalah yang berhubungan dengan penyakit yang mengancam jiwa.

            Teknik ini berguna untuk mencegah dan meringankan penderitaan, melalui identifikasi awal dan penilaian serta terapi psikososial dan spiritual. Salah satu tantangan paliatif adalah bagaimana para tenaga kesehatan menghadapi persoalan kematian pasien (sakaratul maut)  dengan penyakit stadium terminal. Pemahaman akan hal ini disampaikan secara ilmiah namun tetap gaya Islami oleh Agus Ali Fauzi, dengan mengangkat tema ‘bahagia dan sehat dengan rasa syukur’.

            “Banyak yang belum menyadari bahwa mutu kesehatan jasmani sebenarnya tergantung apa yang terjadi dalam rohani. Kita tidak boleh menyalahkan asupan makanan sebagai ‘biang kerok’. Seharusnya kita harus introspeksi diri, apakah kita menikmati hidup? Apakah kita mudah memaafkan sesama? Apakah kita sudah ikhlas bekerja tanpa dibayangi uang yang besar? Tidak bersungut-sungut jika diberi pekerjaan? Apakah kita mudah tersinggung dan sakit hati? Semua makanan boleh dikonsumsi, asal tidak berlebih. Bersyukur atas setiap oksigen (nikmat) yang kita hirup dan sadar kekuasaan Allah melebihi apapun, akan menggerus segala penyakit rohani yang merugikan jasmani,” tutur lulusan Kedokteran Unair 1988.(Bagian PDE+Bagian Humas Protokol) . 

Selengkapnya ......

Ngonthel Bareng di Bumi Majapahit Tahun 2016 Punya Reputasi Kuat, Sepeda Onthel Semarakkan Hari Jadi

Ngonthel Bareng di Bumi Majapahit Tahun 2016 Punya Reputasi Kuat, Sepeda Onthel Semarakkan Hari Jadi

            Sekitar 3000 onthelis memadati lapangan Pendopo Agung Trowulan, untuk ikut menyemarakkan gempita Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-723 melalui acara Ngonthel Bareng di Bumi Majapahit Tahun 2016. Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, memberangkatkan langsung para pecinta sepeda juang (onthel) yang mengayuh rute sepanjang 11 km melintasi situs-situs sejarah Kerajaan Majapahit.

Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Mojokerto, Ustadzi Rois, mengatakan dalam sambutan pembukaan bahwa animo masyarakat terutama para pecinta sepeda onthel sangat baik. Selain berpartisipasi dalam rangka memerihakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Mojokerto, juga menjadi sarana promosi pariwisata andalan Trowulan.

“Kegiatan Ngonthel Bareng di Bumi Majapahit Tahun 2016 merupakan kali ke-dua untuk kita. Animo masyarakat sangat luar biasa, onthelis dari KOSTI (Komunitas Sepeda Tua Indonesia) Jawa Timur kurang lebih 3000 orang. Onthelis dari luar provinsi yakni dari Jawa Barat juga ikut memeriahkan, kita bisa sekalian promosi pariwisata andalan Trowulan,” terang Rois, Minggu 15 Mei 2016.

Rute ngonthel sendiri dimulai dari titik start di Pendopo Agung Trowulan, Candi Kedaton, Makam Syech Jumadil Kubro, Candi Tikus di Desa Temon, Candi Bajang Ratu, Candi Minakjinggo, Makam Putri Cempa, Kolam Segaran, Museum Majapahit, dan finish di Pendopo Agung Trowulan lagi.

Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, mengungkapkan rasa bangganya akan perkembangan komunitas pecinta sepeda tua. Sepeda onthel yang lekat dengan perjuangan bangsa Indonesia kala berjuang melawan penjajah, hingga kini masih eksis dan bisa digunakan sebagai sarana berpromosi pariwisata salah satunya dengan acara Ngonthel Bareng di Bumi Majapahit Tahun 2016.

“Sepeda tua atau sepeda untho yang jamak dipakai pada masa penjajahan, memiliki reputasi yang kuat dan kualitas tinggi. Saya terkesan dengan antusiasme teman-teman onthelis, baik dari KOSTI maupun masyarakat umum. Saya dengar ada kawan-kawan dari Jawa Barat yang berhari-hari mengayuh onthel nya menuju ke sini. Kesempatan ini bisa kita manfaatkan sebagai wahana promosi pariwisata. Semoga kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin tahunan,” harap Pung.        

Salah seorang anggota panitia acara, S. Kresno, mengonfirmasi jika ada banyak onthelis yang berasal dari luar Mojokerto bahkan luar provinsi. Selain memenuhi hobi, tujuan onthelis pada umumnya adalah meningkatkan rasa persaudaraan sekaligus bertukar informasi mengenai sepeda onthel.

            “Iya benar, ada kawan-kawan onthelis yang datang dari beberapa daerah di Jawa Barat, ada Bandung, Tasikmalaya, Sukabumi, dan beberapa lainnya. Mereka ngonthel selama kurang lebih 6 hari dari kota asal. Karena memang sudah hobi dan semangat komunitas ya,  kumpul-kumpul di event akbar seperti ini juga mereka manfaatkan untuk bertukar info misal onderdil atau spare part sepeda,” terangnya.

            Selain KOSTI, Ngonthel Bareng di Bumi Majapahit kali ini juga diikuti oleh LCC (Lodeh Cycling Club) yang merupakan komunitas pesepeda para anggota Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) yang diketuai oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Akhmad Jazuli.(Bagian PDE+Bagian Humas Protokol) . 

Selengkapnya ......

Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-723 Wabup: Wayangan, Seni Epic Sarat Makna

Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-723 Wabup: Wayangan, Seni Epic Sarat Makna

Mengangkat lakon ‘Harjuno Wijoyo Kromo’, kesenian epic wayangan oleh Ki Dalang Wardono menjadi bagian dari upaya nguri-uri budaya, yang termasuk dalam rangkaian  kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-723. Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, meresmikan acara yang dihelat di Pendopo Graha Majatama dengan ditandai penyerahan gunungan.

            “UNESCO mengkategorikan wayangan sebagai a masterpiece of oral and intangible heritage of humanity, atau bisa disederhanakan dalam pengertian ‘budaya tak benda yang kreatif dan inovatif’. Wayangan sebagai suatu seni epic sarat makna yang bertutur nilai kebaikan dalam hidup, semoga juga bisa menjadi inspirasi Kabupaten Mojokerto di usai ke-723 agar makin lebih baik ke depan,” ucap Pung, Jumat 13 Mei 2016. 

            Perkembangan pembangunan seni dan budaya Kabupaten Mojokerto pada 2016, mengalami kemajuan cukup signifikan. Ini dapat dilihat dari intensitas pagelaran seni budaya seperti festival seni Bantengan, dan lomba Tari Bedoyo yang tahun ini juga menjadi bagian dari rangkaian Hari Jadi Kabupaten Mojokerto  yang mengusung tema “Ayo Kerja dengan Meningkatkan Kualitas Aparatur yang Bersih, Profesional, dan Peduli Kepada Masyarakat” ini.

            “Wayang adalah sebuah media komunikatif penyampai informasi masyarakat, forum bersosialisasi, seni dekoratif yang indah, dan juga tempat berdiskusi. Kabupaten Mojokerto di usia ke-723, kita harapkan makin baik di segala sektor pembangunan. Baik dari pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan tentunya infrastruktur yang salah satunya ditandai dengan pengoperasian Tol SUMO Seksi IV di Kecamatan Jetis oleh Presiden Jokowi 19 Maret 2016 lalu,” tambah Pung.

            Asisten Administrasi Umum Kabupaten Mojokerto, Suhartamyo, mengatakan bahwa kesenian wayangan memang jarang absen di hampir semua acara-acara besar Kabupaten Mojokerto, khususnya Hari Jadi.

            “Wayang memberikan gambaran lakon perikehidupan manusia dengan segala masalahnya. Wayang juga menyimpan nilai-nilai pandangan hidup dalam mengatasi segala tantangan dan kesulitan, mengajarkan nilai estetika, moral,  juga nilai-nilai pandangan hidup masyarakat Jawa. Melalui wayang, orang memperoleh cakrawala baru pandangan dan sikap hidup umat manusia dalam menentukan kebijakan mengatasi tantangan hidup,” menurutnya.

            Pagelaran wayang kulit ini juga dihadiri Istri Wakil Bupati, Yayuk Pungkasiadi, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto, Hery Suwito, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Ismail Pribadi, Forkopimda, Asisten dan Staf Ahli, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan Camat.(Bagian PDE+Bagian Humas Protokol) . 

Selengkapnya ......

 Jalan Santai Hardiknas 2016 Peran Tiga Pilar, Cegah Kenakalan Remaja

Jalan Santai Hardiknas 2016 Peran Tiga Pilar, Cegah Kenakalan Remaja

Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, memberangkatkan ribuan peserta Jalan Santai Peringatan Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) 2016 Jajaran Pendidikan dan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) se-Kecamatan Pacet, di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Pacet, Jumat 13 Me4i 2016.

            “Saya ucapkan terimakasih kepada para guru, tokoh pendidikan, dan masyarakat, atas partisipasi dalam membangun pendidikan di Kabupaten Mojokerto. Tidak lupa terimaksih kepada PGRI Cabang Kecamatan Pacet atas terselenggaranya Jalan Santai Peringatan Hardiknas 2016 pagi ini,” Ucap Bupati sesaat sebelum memberangkatkan peserta.

            Bupati yang juga didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Yoko Priyono, juga berpesan kepada tiga pilar pendidikan untuk meningkatkan kepedulian dan kepekaan terhadap masa depan anak didik.

            “Era teknologi informasi makin berkembang, saya minta kepada tiga pilar pendidikan yakni orangtua, masyarakat, dan penyelenggara sekolah, untuk lebih peka dengan keadaan sekitar anak. Kanakalan remaja akibat dampak negatif penyalahgunaan kecanggihan teknologi informasi, menjadi problem cukup serius yang tengah mengintai kita. Pengawasan anak tidak harus diserahkan kepada lembaga pendidikan, orangtua dan masyarakat juga memiliki tanggung jawab yang besar,” pesannya.

            Selain sektor pendidikan, Pemerintah Kabupaten Mojokerto hingga kini masih fokus pada sektor pariwisata. Ditambahkan sedikit oleh Bupati Mustofa Kamal Pasa, konsentrasi untuk meningkatkan daya saing 3 daerah unggulan pariwisata yakni Kecamatan Trowulan Pacet, dan Trawas akan tetap digenjot.

            Program ‘Desa Mandiri’ di kawasan Pacet yakni (Petak, Claket, Cembor) yang mulai dijalankan tahun ini, diprediksi bakal mendongkrak daya saing wisata. Landscape dan geografi pegunungannya diramal akan mampu menyaingi daerah wisata sejenis seperti Kota Batu, Malang. Bupati menyatakan jika 3 desa di atas memiliki potensi tinggi untuk bersaing dengan daerah lain di bidang pariwisata.

            “Kita punya ‘Segitiga Emas’ pariwisata, itu yang akan kita pertahankan terus pengembangannya. Di periode ke II, bersama kita akan mewujudkan kawasan Petak, Claket, dan Cembor menjadi Desa Mandiri. Impian kita untuk memiliki alun-alun berhawa sejuk seperti Kota Batu, insyallah segera tercapai,” terang Bupati.

            Ketua panitia penyelenggara acara jalan sehat, M. Suhud, juga menjelaskan jika digelarnya jalan sehat yang menempuh rute 4 km ini menjadi pendorong pendidikan di Kabupaten Mojokerto ke depan lebih baik, lebih maju dan lebih berkualitas. Kegiatan ini juga melibatkan peserta sekolah TK, SD/MI, SMP dan SMA se Kecamatan Pacet serta masyarakat umum.(Bagian PDE+Bagian Humas Protokol) 

Selengkapnya ......

Buka Giling PG Gempolkrep 2016  BUMN Gula Targetkan 3 Juta Ton

Buka Giling PG Gempolkrep 2016 BUMN Gula Targetkan 3 Juta Ton

Kirab ‘Manten (pengantin) Tebu’ menjadi suguhan perdana pembukaan acara Selamatan Musim Giling Pabrik Gula (PG) Gempolkrep Tahun 2016, yang dihadiri Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, Rabu 11 Mei 2016. Tema buka giling tahun ini adalah “Satu Hati Meraih Kemenangan dalam Persaingan dan Tantangan Baru.”

            PG yang berada di bawah kepemilikan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X ini, berkomitmen untuk terus memaksimalkan angka produksi gula. General Manager (GM) PG Gempolkrep, Hubertus Koes Darmawanto, memaparkan dalam sambutannya jika target produksi PG Gempolkrep adalah sekitar 3 juta ton pada tahun 2016 ini. 

            “Buka Giling PG Gempolkrep kita start tanggal 16 Mei depan, kita targetkan 3 juta ton. Meski penuh tantangan, kita akan berusaha wujudkan hal tersebut. Semuanya bersinergi untuk mengejar target, baik dari PTPN X selaku pemilik PG, petani, maupun pemerintah sebagai salah satu stakeholder. Angka 3 juta ton merupakan usaha untuk menopang perwujudan swasembada gula, yang ditargetkan pemerintah. Tentu kita juga akan berbenah diri mulai dari mesin pabrik, bahan baku, maupun sistem pelayanan,” papar pria yang akrab disapa Totok ini.

            Seperti diketahui bahwa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan produksi 3,26 juta ton gula pada 2019. Artinya naik sekitar dua kali lipat, dibanding realisasi produksi gula BUMN pada 2015 yang sebesar 1,45 juta ton. Untuk mencapai target tersebut, Kementerian BUMN telah mengonsolidasikan 48 unit PG yang dimiliki oleh PTPN II, PTPN VII, PTPN IX, PTPN X, PTPN XI, PTPN XII, PTPN XIV, dan PT RNI.

            Tarsisius Sutaryanto, Direktur Produksi PTPN X dalam sambutanya menambahkan jika PG Gempolkrep siap memberikan pelayanan prima di tahun 2016 ini. Penerapan sistem online untuk kerjasama antar petani dengan PG, diprediksi akan memudahkan kelancaran kerjasama demi meningkatkan produksi gula di masa depan.

            “Kita komit untuk melakukan layanan prima. Beberapa upaya misalnya melayani petani tebu dalam hal transparansi dengan Kartu Tani, tujuannya agar ada transparansi dan kesiapan dari pihak kita untuk siap menerima kritik dan saran. PTPN mulai menerapkan Kartu Tani yang berfungsi seperti ATM. Kami menggandeng tiga bank yang tergabung dalam  Himpunan Bank Negara (Himbara),” jelas Tarsisius.

            Secara lebih dalam, kartu tani yang diterapkan di PTPN X, merupakan cara meningkatkan produktivitas PG guna mencapai target swasembada gula nasional. Kartu Tani memberi kemudahan transparansi terkait perkembangan dari Surat Perintah Tebang Angkut (SPTA), jatah giling, luas area lahan hingga panen tebu dari setiap anggota kartu tani. Meski berfungsi seperti kartu ATM yang punya pengertian pada umumnya, namun saldo dalam Kartu Tani adalah pupuk.

            PTPN X sebenarnya telah melakukan terobosan di bidang  informasi. Adalah Narada, sebuah sistem yang difungsikan guna mendapatkan data yang valid. Narada digunakan untuk memantau pasokan bahan baku tebu di setiap pabrik gula. Karena keberadaannya yang belum cukup memberi perubahan yang signifikan, namun Tarsisius Sutaryanto tetap optimis bahwa sistem online akan membantu transformasi dan kebutuhan PG dalam menjawab tantangan modern.

            Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, mengatakan dalam sambutannya jika luasan lahan tebu di wilayah Kabupaten Mojokerto, mengalami pasang surut dari tahun ke tahun. Menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) kini, Pung berharap sinergi antara pemangku kepentingan baik PG, petani, maupun pemerintah bisa mengcover hal tersebut.

            “Antara pemangku kepentingan harus saling bersinergi. Pasar bebas ASEAN hampir terbuka 100 persen, kita tidak bisa lagi mencegah barang dari luar untuk masuk ke Indonesia termasuk komoditi gula. Import gula masih terjadi karena kita masih kurang dalam produksi, namun hal ini bisa kita hindari dengan upaya memperbaiki target produksi. Kita dorong petani tebu untuk terus berinovasi menuju baku teknis tanam yang mampu meningkatkan target produksi,” ujar Pung di acara yang juga disemarakkan suguhan apik Kyai Kanjeng dan cendikiawan Emha Ainun Nadjib ini.(Bagian PDE+Bagian Humas Protokol)

Selengkapnya ......

Sidak UNPK 2016 Tingkat SMP  UN Jadi Instrument Ukur Indeks Integritas Sekolah

Sidak UNPK 2016 Tingkat SMP UN Jadi Instrument Ukur Indeks Integritas Sekolah

Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, melakukan sidak (inspeksi mendadak) di hari ke-dua pelaksanaan Ujian Nasional Pensil dan Kertas (UNPK) tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) tahun 2016, di SMP Negeri 1 Sooko, Selasa 10 Mei 2016. Ia didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Kabupaten Mojokerto, Yoko Priyono.             Pungkasiadi yang tiba sesaat sebelum jam mengerjakan soal, melakukan kontrol kelancaran secara random di beberapa ruangan. Ia berhenti hanya di depan pintu kelas saja, karena khawatir mempengaruhi konsentrasi siswa. Pungkasiadi juga mampir ke ruang pengawas yang sekaligus berfungsi sebagai ruang penyimpanan gadget ponsel milik peserta.

            “Kunjungan kami pagi ini selain untuk memantau kelancaran UN, juga memberi dukungan dan percaya diri peserta untuk mengerjakan dengan jujur. Meski bukan penentu kelulusan, tapi saya yakin peserta akan tetap fokus dan konsen tinggi. Mungkin dulu ketika UN masih jadi syarat mutlak kelulusan, para orangtua dan dewan guru cukup khawatir. Anak-anak juga cenderung abai dengan pelajaran selain yang di UN-kan, namun kini sudah berubah. Saya kira peserta ujian mampu menyelesaikan UN 4 hari dengan lancar, dan menjunjung tinggi integritas sekolah dengan berlaku jujur,” pesan Pung.  

            Kadispendik menjelaskan jika pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat di Kabupaten Mojokerto, diikuti 16.128 orang peserta dari 199 lembaga (124 SMP dan 75 MTs) yang tersebar di seluruh wilayah.  Namun Ia membenarkan jika ada 38 orang siswa yang tidak bisa mengikuti ujian, karena beberapa alasan.

            “Ada 38 siswa SMP di Kabupaten Mojokerto yang tidak ikut UN 2016. Enam siswa meninggal dunia baik karena sakit maupun kecelakaan, dua orang sakit demam berdarah, dan tiga puluh orang lagi karena alasan lain seperti mengundurkan diri atau pindah daerah. Saya kira angka ini masih masuk akal, nol sekian persen saja prosentasenya,” terang Yoko.  

            Para siswa akan menjalani UN selama empat hari pada 9-12 Mei. Peserta UN SMP menghadapi empat mata pelajaran yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang dimulai pukul 07.30 WIB sampai 09.30 WIB. Jadwal ini juga berlaku untuk pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) 2016, yang hanya dilaksanakan di SMPN I Ngoro. Keamanan naskah dan isu-isu pesan berantai berisi kunci jawaban, Yoko pastikan tidak akan terjadi.

            “Pelaksanaan UN kita pastikan aman. H-1 naskah sudah dikirim ke Polres, hari H langsung distribusi ke masing-masing sekolah dengan penjagaan yang baik. Anak-anak peserta UN juga sudah mengerti bahwa pesan berantai berisi kunci jawaban, merupakan hal yang sama sekali tidak bisa dipertanggungjawabkan,” pungkas Yoko.

            Tambahnya, kriteria penilaian diambil dari tingkat kehadiran siswa 90 persen, telah menyelesaikan seluruh mata pelajaran, mengikuti ujian kompetensi di sekolah, ikut dalam Ujian Akhir Sekolah (UAS), dan tentu saja UN sendiri.  

            Kepala Sekolah SMP 1 Negeri Sooko, Pudji Listijorini, menginformasikan jika hasil UN yang dikerjakan  akan langsung dikirmkan ke Dinas Pendidikan dan selanjutnya ke Provinsi Jawa Timur.  Terkait dengan angka kelulusan, Pudji memiliki pendapat jika UN bukan alat ukur satu-satunya. Namun point penting lain seperti kompetensi siswa, nilai harian, juga menjadi dasar penting untuk seleksi ke jenjang yang lebih tinggi, dan kejujuran.

            “Selain untuk melakukan pemetaan secara nasional, UN juga penting untuk melihat tingkat kejujuran ujian dengan hasil Ideks Integritas UN tiap sekolah. Indeks integritas merupakan indeks yang menunjukkan kejujuran siswa dan sekolah dalam pelaksaan UN. Prestasi dan kejujuran sangat penting, keduanya sebaiknya selaras,” ujar Pudji.(Bagian PDE+Bagian Humas Protokol) 

Selengkapnya ......

Upacara Peringatan Hari Jadi Pemkab Mojokerto ke-723 Bupati: Formulasikan Strategi Pembangunan Secara Tepat

Upacara Peringatan Hari Jadi Pemkab Mojokerto ke-723 Bupati: Formulasikan Strategi Pembangunan Secara Tepat

                Puncak perayaan Hari Jadi ke-723 Kabupaten Mojokerto Tahun 2016, ditandai dengan upacara di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Senin 09 Mei 2016.  Mengangkat tema ‘Ayo Kerja dengan Meningkatkan Kualitas Aparatur yang Bersih, Profesional, dan Peduli Kepada Masyarakat’,  upacara ini dipimpin oleh Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, selaku Inspektur Upacara (Irup).

            Upacara dibuka penampilan sendra tari kolosal yang menceritakan sejarah Raden Wijaya yang dinobatkan sebagai raja pertama Kerajaan Majapahit. Hari Jadi yang ditetapkan jatuh pada tanggal 9 Mei 1293, berakar dari sejarah penaklukan Pasukan Tar-Tar Cina oleh Raden Wijaya.

            Ketua panitia acara sekaligus Asisten Pemerintahan dan Kesra, Akhmad Jazuli, dalam laporannya menjelaskan jika upacara hari jadi merupakan satu dari tiga pokok inti acara. “Kegiatan pokok Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-723 adalah Rapat Paripurna Istimewa DPRD, upacara pada pagi hari ini, dan ziarah makam para bupati terdahulu,” jelasnya.

            Rapat Paripurna Istimewa DPRD tahun 2016 yang digelar di Graha Wichesa pada Rabu (4/5), digelar guna penyatuan dan memperkuat formasi pemerintahan dalam membangun Kabupaten Mojokerto. Ismail Pribadi selaku Ketua DPRD membuka rapat tersebut, diikuti  pembacaan riwayat Hari Jadi yang dibacakan oleh Wakil Ketua DPRD, Sopi’i, dan sambutan arahan oleh Bupati Mojokerto.  Agenda rapat dihadiri juga Forkopimda, SKPD, dan Organisasi Masyarakat.

            Akhmad Jazuli juga menerangkan jika beberapa acara tambahan turut menyemarakkan rangkaian hari jadi. Beberapa diantaranya kesenian Bantengan, tari Bedoyo Majapahit, Semaan Alquran yang diikuti 1200 orang hafidz-hafidzah, peresmian proyek-proyek penting yang dipusatkan di Kecamatan Gondang, Pemilihan Duta Wisata Gus dan Yuk, Pesta Rakyat di Terminal Pungging, Ngonthel Bareng Bumi Majapahit, Festival Perahu Majapahit, Festival Sego Jagung Sambel Wader, dan hiburan musik orkes melayu.

             Bupati didampingi sang istri, Ikfina Mustofa Kamal Pasa, serta wakilnya Pungkasiadi yang juga ditemani istri, menyampaikan rasa syukur dalam sambutannya. Bupati berharap agar penyelenggaraan pemerintah dan pelaksanaan pembangunan, mampu meningkatkan kualitas pelayanan, taraf perekonomian, serta kesejahteraan rakyat.

            “Menghadapi konstelasi sosial, politik, dan ekonomi skala lokal atau nasional termasuk diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), kita harus mampu menjawab tantangan dan masalah di masyarakat secara realistis dan operatif. Moment Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-723, mari kita formulasikan langkah dan strategi pembangunan yang tepat dan menunjang kemajuan tata kelola pemerintahan daerah,” ucap Bupati.

            Keberhasilan pelaksanaan pembangunan yang dimotori Pemerintah Kabupaten Mojokerto, kian menebar atmosfer postif dan optimisme masyarakat. Bupati dalam tambahan sambutannya menitipkan harapan besar terutama kepada SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), agar bekerja lebih keras dan mengoptimalkan kinerja.

            “Kita jadikan momentum Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-723, sebagai moment untuk lebih memacu diri dan bersemangat dalam mengabdi dan membangun Kabupaten Mojokerto lebih baik,” tutupnya.

            Usai upacara, Bupati dan jajaran berziarah ke pusara 10 orang mantan Bupati Mojokerto di 4 lokasi, yaitu Makam Pekuncen, TMP Gajahmada, Makam Kertosuman, dan Makam Kromojayan.(Bagian PDE+Bagian Humas Protokol)

Selengkapnya ......

Artikel

  • [alternative text]10 Manfaat Tauge Untuk Kesehetan Tubuh
  • [alternative text]15 Destinasi Wisata yang Wajib dikunjungi di Kabupaten Mojokerto
  • [alternative text]Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan
  • [alternative text]Tiga Destinasi Wisata Populer di Bulan Ramadhan
  • [alternative text]6 Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa
  • [alternative text]Cara Mempersiapkan Pensiun Sejak Dini
  • [alternative text]18 CARA AMPUH MENINGKATKAN IQ ANDA
  • [alternative text]Peraturan Presiden No. 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden No 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa
  • [alternative text]5 Cara Mengontrol Emosi dalam Islam
10 Manfaat Tauge Untuk Kesehetan Tubuh

10 Manfaat Tauge Untuk Kesehetan Tubuh

Sebagian besar orang pasti sudah mengenal dan mengetahui tauge. Tauge yang juga disebut dengan toge merupakan tunas atau kecambah dari kacang hijau. Jika dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan, tauge mempunyai rasa yang manis dengan tekstur yang renyah. Selain banyak dikonsumsi sebagai lalapan, tauge juga dapat dikonsumsi menjadi aneka masakan yang nikmat, seperti pelengkap sayuran nasi pecel, pelengkap sayuran urap, salad, tumis tauge, campuran lontong balap, tahu isi, martabak sayur dan lain sebagainya.

 

Selain enak dikonsumsi dalam keadaan mentah dan dapat dikonsumsi sebagai hasil olahan makanan, tauge juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Di dalam 100 gram tauge terdapat kandungan serat, vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, vitamin E, vitamin K, protein, mineral, enzim, antioksidan dan kandungan nutrisi lainnya.

 

Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat di dalam tauge, rasanya kurang lengkap jika belum mengetahui apa saja manfaatnya. Oleh karena itu juga akan diberikan informasi mengenai beberapa manfaat tauge untuk kesehatan. Inilah beberapa manfaat tauge yang dianalisir dari situs buahan-sehat.blogspot.co.id, adapun diantaranya adalah sebagai berikut :

Mencegah Kanker Usus Besar
Di dalam tauge terdapat kandungan serat dan kadar air yang melimpah. Kedua kandungan nutrisi tersebut berperan untuk membersihkan kotoran di dalam usus besar dengan cara mendorong keluar kotoran. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya penumpukan racun yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker di dalam usus besar.

Menjaga Kesehatan Jantung
Penyakit jantung bisa disebabkan oleh kandungan kolesterol jahat di dalam darah sehingga menyumbat pembuluh jantung. Kandungan saponin di dalam tauge berperan untuk memerangi kolesterol jahat di dalam darah sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.

Menjaga Kesehatan Tulang
Di dalam tauge terdapat kandungan esterogen alami yang terdiri atas sintesis estrogen tanpa efek samping. Selain itu, kandungan estrogen tersebut juga dapat meningkat kepadatan tulang, menjaga kesehatan tulang dan menguatkan tulang.

Meningkatkan Kesuburan Pria
Ada beberapa kandungan vitamin yang ditemukan di dalam tauge, salah satunya adalah vitamin E. Vitamin E yang terdapat di dalam tauge mempunyai kemampuan untuk membantu meningkatkan kesuburuan pria.

Meningkatkan Sistem Imunitas
Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalam tauge berperan untuk meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh sehingga tubuh terbebas dari resiko gangguan penyakit.

Meningkatkan Energi
Pada saat proses pembentukannya, tauge telah menguraikan rantai olisakarida sebanyak 90% menjadi karbohidrat sederhana. Akibatnya, senyawa tersebut mudah terserap oleh tubuh tanpa menghasilkan gas dan dapat meningkatkan energi yang diperlukan oleh tubuh.

Menangkal Radikal Bebas
Kandungan zat antioksidan yang banyak di dalam tauge berperan untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh terhindar dari penyakit yang berbahaya seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker prostat dan lain sebagainya.

Membantu Pembentukan Otot
Kandungan sejumlah protein yang terdapat di tauge mempunyai kemampuan untuk menambah massa otot dan membantu pembentukan otot. Oleh karena itu, tauge merupakan salah satu jenis sayuran yang biasanya dikonsumsi oleh orang yang ingin membentuk otot.

Mencegah Penyakit Anemia (Kurang Darah)
Penyakit anemia atau kurang darah terjadi akibat tubuh hanya memproduksi sel-sel darah merah dalam jumlah yang sedikit. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi tauge karena di dalamnya terdapat kandungan zat besi yang mempunyai kemampuan untuk memproduksi sel-sel darah merah.

Mengatasi Stress dan Kelelahan
Mengkonsumsi tauge berguna untuk mengatasi stress dan kelelahan. Hal ini disebabkan karena tauge mampu membantu dalam menghilangkan atau melawan indikasi tekanan mental dan fisik, sehingga dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.

 

Untuk mendapat semua manfaat tauge secara maksimal, dianjurkan untuk mengolah tauge yang segar dengan cara yang baik dan benar. Dan pastikan telah memilih tauge yang masih segar dan berkualitas baik, jangan memilih tauge yang berlendir dan tidak bertekstur. Tauge berkualitas baik adalah kecambah kacang hijau yang berisi, tidak kendur, tidak berlendir, bersih dan renyah ketika disentuh.

Read more

15 Destinasi Wisata yang Wajib dikunjungi di Kabupaten Mojokerto

15 Destinasi Wisata yang Wajib dikunjungi di Kabupaten Mojokerto

Mojokerto adalah salah satu wilayah tersohor yang terletak di daerah Provinsi Jawa Timur selain Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan dan yang lainnya. Hal yang membuat Kota Mojokerto layak dikunjungi yaitu di sana terdapat beragam obyek wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan lokasi wisata lain di Indonesia. Berbagai jenis atau tema pariwisata dapat dijadikan alternative untuk mengisi liburan bersama keluarga tercinta, mulai dari wisata alam yang mengasyikkan hingga wisata tempat bersejarah peninggalan Kerajaan Majapahit yang dapat menambah wawasan anak.

Berbagai tempat wisata yang ada di Mojokerto bukan hanya diminati oleh masyarakat sekitar ataupun wisatawan domestic saja, namun keistimewaan beragam tempat di sana juga dilirik oleh para wisatawan asing mancanegara. Dari sekian banyak pilihan lokasi wisata yang bisa anda jadikan alternative liburan, di bawah ini ada 15 tempat wisata di Mojokerto yang menarik untuk dikunjungi dan perlu anda kenali lebih dalam sebelum mendatanginya, yaitu:

 Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Mojokerto
 Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Mojokerto

 

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Mojokerto

Tempat pelestarian berbagai peninggalan zaman purbakala selayaknya menjadi salah satu pilihan wisata yang cocok bagi anak-anak. Selain menambah wawasan secara teori, anak-anak juga bisa melihat langsung berbagai koleksi peninggalan purbakala yang dilestarikan sekaligus mengamatinya dari dekat. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala ini terletak di Kecamatan Trowulan, Mojokerto.

 Situs Kedaton Mojokerto
 Situs Kedaton Mojokerto

 

Situs Kedaton Mojokerto

Ada banyak lokasi bersejarah yang ada di Mojokerto dan menarik untuk anda kunjungi. Salah satunya yaitu Situs Kedaton yang lokasinya berada di Dusun Kedaton, Sentonorejo, Kecamatan Trowulan. Di sana, anda akan melihat suatu kompleks yang berisi sisa bangunan kuno yang terbuat dari batu bata merah yang diduga merupakan sisa bangunan dari abad ke-13 dan peninggalan Kerajaan Majapahit. Selain itu, anda juga akan melihat Candi Kedaton dan Sumur Upas yang tempatnya masih berada di sekitar Situs Kedaton.

 Candi Bajang Ratu Mojokerto
 Candi Bajang Ratu Mojokerto

 

Candi Bajang Ratu Mojokerto

Sama seperti lokasi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala dan Situs Kedaton, Candi Bajang Ratu juga terletak di Kecamatan Trowulan. Lebih tepatnya, salah satu candi Trowulan peninggalan Kerajaan Majapahit yang ada di Mojokerto ini terletak di Desa Temon wilayah tersebut.

 Makam Troloyo Mojokerto
 Makam Troloyo Mojokerto

Makam Troloyo Mojokerto

Makam Troloyo menyimpan banyak sejarah masa lampau yang sampai saat ini masih menjadi salah satu destinasi obyek wisata bersejarah yang layak dikunjungi dan berhasil menciptakan daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Makam ini berada di Kecamatan Trowulan, lebih tepatnya di wilayah Sentonorejo yang sering dijadikan tempat wisata berziarah oleh masyarakat ataupun wisatawan.

 Candi Brahu Mojokerto
 Candi Brahu Mojokerto

Candi Brahu Mojokerto

Selain berkunjung ke Candi Bajang Ratu, anda juga bisa mendatangi candi lainnya yang ada di Kecamatan Trowulan, yaitu Candi Brahu. Candi Brahu yang berada di Desa Bejijong ini dapat anda kunjungi ketika liburan dengan melihat-lihat struktur candi di sana sambil mengabadikan gambar dan lain sebagainya.

 Candi Tikus Mojokerto
 Candi Tikus Mojokerto

Candi Tikus Mojokerto

Candi Tikus merupakan salah satu tujuan wajib yang perlu dikunjungi bila anda tengah menuju candi-candi di wilayak Kecamatan Trowulan. Candi Tikus berlokasi di Desa Temon, sama seperti Candi Bajang Ratu.

 Candi Wringin Lawang Mojokerto
 Candi Wringin Lawang Mojokerto

Candi Wringin Lawang Mojokerto

Untuk melengkapi perjalanan wisata bersejarah anda, satu lokasi candi Trowulanyang dipercaya sebagai candi-candi peninggalan zaman kerajaan Majapahit lainnya yang perlu anda datangi bersama rombongan keluarga bila datang ke Kecamatan Trowulan yaitu Candi Wringin Lawang yang ada di Desa Jati Pasar.

 Kolam Segaran Mojokerto
 Kolam Segaran Mojokerto

Kolam Segaran Mojokerto

Selain candi dan lokasi bangunan bersejarah, ada pula Kolam Segaran yang terletak di Kecamatan Trowulan, Kota Mojokerto yang dipercaya sebagai salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit. Kolam ini memiliki ukuran yang sangat besar sehingga dianggap sebagai salah satu symbol atau bukti kejayaan Kraton Majapahit pada masa itu. Bahkan sampai saat ini, Kolam Segaran yang ada di Desa Segaran dianggap sebagai kolam kuno terbesar yang ada di Indonesia.

 Patung Budha Tidur Mojokerto

Mahavihara Majapahit Patung Budha Tidur Mojokerto

Mahavihara Majapahit merupakan salah satu tempat wisata yang terbilang unik dan menarik. Karena di sana, anda akan melihat patung budha tidur yang sangat identik dengan tempat peribadatan umat Budha. Patung tersebut berada di samping vihara, memiliki ukuran yang besar dan menjadi patung budha tidurberwarna emas terbesar ketiga di dunia. Itulah yang menjadi salah satu keunikan dan daya tarik wisata tersendiri bagi para pengunjung untuk datang ke Mahavihara Majapahit di Desa Bejijong, Mojokerto tersebut.

 Pendopo Agung Trowulan Mojokerto
 Pendopo Agung Trowulan Mojokerto

Pendopo Agung Trowulan Mojokerto

Masih dari wilayah Kecamatan Trowulan, ada juga bisa mengunjungi Pendopo Agung Trowulan yang ada di Desa Temon untuk melengkapi agenda perjalanan liburan selama di Mojokerto.

 Museum Trowulan Mojokerto
Museum Trowulan Mojokerto

Museum Trowulan Mojokerto

Museum Trowulan merupakan salah satu museum arkeologi terkenal yang ada di Mojokerto, tepatnya ada di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan. Ada berbagai koleksi peninggalan Kerajaan Majapahit secara lengkap, ada juga koleksi kerajaan lainnya seperti Kerajaan Kahuripan, Kediri dan Singasari yang bisa anda lihat di sana guna menambah wawasan.


 Air Terjun Coban Canggu Mojokerto

Air Terjun Coban Canggu Mojokerto

Jika anda ingin menyegarkan pikiran dan rileksasi dengan melihat-lihat pemandangan alam yang istimewa, anda dapat memilih Air Terjun Coban Canggu sebagai salah satu destinasi wisata bersama keluarga jika berkunjung ke Mojokerto. Lokasi wisata alam ini terletak di Kecamatan Pacet, persisnya berada di Desa Padusan. Karena tempat ini cukup populer dan diminati berbagai kalangan masyarakat, maka jangan heran jika di wilayah tersebut terdapat vila-vila atau penginapan yang nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat ketika liburan bagi wisatawan.

 

 Pemandian Ubalan Mojokerto
 Pemandian Ubalan Mojokerto

Pemandian Ubalan Mojokerto

Setelah mengunjungi Air Terjun Coban Canggu, rasanya sayang jika anda tidak mendatangi Pemandian Ubalan yang letaknya berada di Desa Padusan dan masih berada di lokasi yang sama yaitu Kecamatan Pacet, Mojokerto. Di tempat ini, anda juga bisa mengajak anak bermain di taman bermain dan melihat ikan dengan suasana yang tenang dan asri.

 Air Terjun Dlundung Mojokerto
 Air Terjun Dlundung Mojokerto

Air Terjun Dlundung Mojokerto

Melirik ke Desa Kemloko di Kecamatan Trawas, anda juga akan menemukan lokasi wisata alam yang tidak kalah mempesona yaitu Air Terjun Dlundung. Tempat cocok bagi anda yang menyukai suasana alam yang sejuk dan merindukan suasana alam yang menenangkan.

 Candi Jalatunda Mojokerto
 Candi Jalatunda Mojokerto

Candi Jalatunda Mojokerto

Selain Air Terjun Dlundung, ada juga Candi Jalatunda yang bisa anda datangi bila sedang berkunjung ke Kecamatan Trawas, Mojokerto. Tidak kalah menarik dari candi lainnya yang berada di Kecamatan Trowulan, Candi Jalatunda yang ada di Desa Seloliman juga patut anda kunjungi guna melengkapi rangkaian perjalanan wisata bersejarah anda bersama rombongan selama berada di sana.

Itulah beberapa lokasi wisata di Mojokerto, Jawa Timur yang patut anda kunjungi apabila berencana untuk menghabiskan waktu libur mendatang bersama keluarga dan kerabat. Untuk informasi hotel di mojokerto termasuk paling murah jika dibandingkan dengan kota besar lainnya, harga berkisar mulai Rp. 150.000 sampai Rp. 500.000 per malam, anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di mojokerto mulai dari wisata bersejarah, peninggalan-peninggalan kuno hingga wisata alam dapat anda jadikan alternatif liburan seru yang pastinya memuaskan. Karena semua tempat wisata di Mojokerto tidak kalah menarik dari tempat lainnya, maka 15 tempat wisata di Mojokerto tadi patut anda jadikan destinasi liburan panjang yang menyenangkan. ( sumber : mojokertopost.com)

Read more

Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan,- Tenyata sangat banyak sekali manfaat lari pagi bagi kesehatan, selain menyehatkan tubuh agar lebih sehat dan bugar, lari pagi pun dapat membersihkan pernafasan karena udara yang kita hirup di pagi hari masih bersih dan belum banyak mengandung polusi. Selain itu lari pagi juga dapat menurunkan berat badan loh, namun dengan lari pagi yang benar, nah lalu seperti apa lari pagi yang benar itu berikut rinciannya :

  • Pakai sepatu lari
    Kesalahan yang pertama sering dilakukan adalah tidak memakai sepatu yang benar. Alhasil, kaki jadi terasa berat, cedera, atau menapak kurang tepat. Sepatu lari memang khusus diciptakan untuk berlari. Sehingga saat gerakan Anda menapak, Anda akan ditopang dengan sponge yang elastis dan mencegah cedera kaki. Selain itu, umumnya sol sepatunya fleksibel, tidak keras dan tidak melukai kaki Anda.
  • Pilih outfit
    Anda juga harus mempertimbangkan outfit mana yang akan Anda kenakan untuk jogging. Yang paling nyaman adalah yang dapat menyerap keringat dengan baik dan cepat. Sehingga jangan pilih yang membuat Anda justru kepanasan dan menjadi trauma untuk berlatih lagi. Berikan outfit yang nyaman untuk tubuh, sehingga keesokan harinya tubuh tidak malas untuk dipaksa berlari lagi.
  • Menapakkan kaki
    Posisi saat berlari yang ringan dan membuat Anda tidak mudah lelah adalah setengah berjinjit. Jadi di sini bukan seluruh telapak kaki Anda yang menyentuh tanah, tetapi ujung kaki saja. Dengan begini berlari akan lebih ringan dan Anda tak mudah lelah.
  • Mengatur nafas
    Atur nafas itu penting untuk membuat Anda tidak cepat lelah. Buat hitungan 1-8, dan dalam hitungan 1-3 tarik nafas, hitungan ke 4 hembuskan. Berlanjut dengan hitungan ke 5-7 tarik nafas, dan 8 dihembuskan. Baiknya menarik nafas dan menghembuskannya lewat hidung. Kunci mulut rapat-rapat sehingga Anda bisa merasakan keluar masuknya udara lewat hidung. Cara ini akan membantu Anda tidak mudah lelah, serta bisa melatih pernafasan dan jantung Anda.
  • Lakukan selama 45 menit
    Lari pagi itu jangan hanya 10-15 menit saja. Untuk melakukan pembakaran yang lebih efektif, maka Anda harus lari konstan selama 45 menit. Dengan demikian, pembakaran pada tubuh akan efektif. Bagian yang terbakar adalah bagian yang paling mudah gemuk. Jadi, periksa kembali apakah tubuh Anda menyusut setelah 3-4 kali latihan jogging.
  • Merilekskan kaki
    Setelah berlari, jangan langsung duduk atau bersila. Tetapi, bawa kaki Anda berjalan setidaknya 5-10 menit. Isi kembali tenaga Anda dengan 2 gelas air putih. Kemudian mandi di air hangat agar otot-otot tetap rileks dan tidak kaget.

Jika anda melakukan lari pagi dengan baik dan benar maka anda secara otomatis selain menyehatkan tubuh juga akan menurunkan berat badan anda sehingga anda memiliki tubuh yang sehat, ideal dan langsing. Untuk lebih jelasnya mari kita simak manfaat lari pagi bagi kesehatan di bawah ini :

  • Menajamkan Mata  
    Orang yang berlari 56 Km dalam seminggu, cenderung berhasil menekan risiko terganggunya penglihatan mata karena faktor usia hingga 54 persen, jika dibandingkan dengan mereka yang berlari hanya 16 Km per minggu.
  • Menjaga Kesehatan Jantung 
    Pelari yang dengan konstan berlari sejauh 16 Km dalam seminggu akan 39 persen lebih jarang mengalami gangguan tekanan darah. Plus mereka juga akan jarang menumpuk kolesterol dalam pembuluh darahnya hingga 34 persen.
  • Mendongkrak Gairah 
    Pelari pria yang membakar sebanyak 3.000 kalori per minggu dari aktivitas berlari selama 5 jam, akan menjauhkan dirinya dari disfungsi ereksi hingga 83 persen.
  • Menguatkan Tulang
    Masa tulang para pelari ternyata lebih baik dari atlet aerobik lainnya, demikian diungkapkan oleh University of Missouri. Para peneliti membandingkan kepadatan tulang para pelari dengan pesepeda. Ada sebanyak 63 persen pesepeda yang memiliki masa tulang yang jelek, sedangkan pelari hanya 19 persen.
  • Lancar Berfikir
    Sebuah penelitian yang dilakukan kepada para pekerja di Inggris mengungkapkan, rutin berlari membuat mereka jarang melakukan kesalahan dalam pekerjaan, memiliki konsentrasi yang baik, dan lebih produkif dibanding yang lari hanya sesekali.
  • Terbebas dari Dimensia
    Journal of American Geriatrics Society melaporkan, perempuan yang dari remaja sudah rajin olahraga lari, di usia senjanya jarang yang mengalami kepikunan.
  • Tidur Lebih Lelap
    Para insomnia yang diminta untuk berlari, ternyata berhasil mempercepat waktu tidurnya hingga 17 menit dibanding saat mereka tidak berlari. Plus mereka tidur lebih lelap, bahkan sehari setelah berlari.
  • Jarang Terkena Flu
    Pelari yang berlari sejam setiap harinya, akan berhasil menjauh dari serangan virus flu hingga 18 persen dibanding yang tidak berlari. Ini didapat dari penelitian yang dilakukan di Swedia.
  • Bernafas Lebih Lega
    Penelitian yang dilakukan kepada pengidap asma yang diminta untuk melakukan olahraga lari dan olahraga kekuatan dalam seminggu secara bergantian, setelah 3 bulan, berhasil mengurangi serangan asmanya. Para responden mengaku bernapas lebih lega dan imun tubuh lebih kuat.
  • Panjang Umur
    Sebuah pengamatan terhadap 22 studi mengungkapkan, orang yang berlari 2,5 jam dalam seminggu akan menekan risiko meninggal dalam usia muda hingga 19 persen. Sedangkan penelitian lain mengungkapkan, orang yang aktif berolahraga akan menekan risiko meninggal dalam usia muda hingga 50 persen.

Ternyata ada segudang Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan, ayo kita mulai hidup sehat dengan rutin lari pagi. Andapun jangan salah karena lari pagi ada aturannya, maka lakukanlah dengan baik dan benar. Jangan sampai berlebih pula karena jika dilakukan berlebih akan mengakibatkan pengeroposan tulang sejak dini. 

Read more

Tiga Destinasi Wisata Populer di Bulan Ramadhan

Tiga Destinasi Wisata Populer di Bulan Ramadhan

Ingin menikmati suasana Ramadhan di luar negeri? Jika ya, ada tiga negara tujuan yang cocok untuk Anda.
Di tiga negara ini, suasana Ramadhan akan terasa luar biasa, karena penududuk di negara ini sebagian besar juga menjalankan ibadah di bulan suci.

Jadi jangan khawatir, saat bepergian ke negara ini, suasana Ramadhan akan tetap bisa Anda rasakan, bahkan akan terasa lebih istimewa.
Berikut tiga negara yang bisa Anda kunjungi selama bulan Ramadhan seperti dilansir laman Al Arabiya.

Umrah

Ziarah Islam ke Mekkah dan Madinah bisa dilakukan setiap saat. Namun, jika kegiatan umrah ini dijalankan selama Ramadhan, tentu akan menjadi perjalanan wisata yang mengesankan.

Selama bulan Ramadhan, banyak umat muslim dari berbagai belahan dunia menjalani umrah. Selain bisa mendapatkan banyak pengalaman spiritual, umrah juga bisa mengajak Anda mengamati Ramadhan di dua tempat suci Islam.
Di Mekkah, suasana Ramadhan akan terlihat sangat indah dengan semua dekorasi Ramadhan tradisional.
Musim ini saja, jumlah jamaah Muslim telah mencapai lebih dari 4,5 juta, menurut laporan terbaru dari  Kementerian Haji Saudi.

Malaysia

Crescent Rating, agen perjalanan muslim yang berbasis di Singapura, mengatakan kepada Al Arabiya News Uni Emirat Arab, bahwa selain melakukan umrah ke Mekkah dan Madinah,  Malaysia dan Turki menjadi tiga tujuan wisata populer selama bulan suci.

"Ini karena ada populasi Muslim besar di negara-negara itu dan kebanyakan orang ingin pergi untuk mendapatkan pengalaman itu. Wisatawan lain melakukan perjalanan ke tempat dengan iklim yang lebih dingin daripada negara asal, " kata Anas Kasak, Chief Marketing Officer dari agen perjalanan.

Malaysia bahkan disebut-sebut sebaagai tujuan wisata muslim nomor satu paling populer di seluruh dunia berdasarkan data dari MasterCard-Crescentrating global Indeks Wisata Muslim (GMTI) 2015.

GMTI melihat secara mendalam data yang mencakup 100 tujuan, membuat indeks secara keseluruhan, berdasarkan sejumlah kriteria.

"Ini adalah pertama kalinya wawasan menyeluruh seperti telah disediakan menjadi salah satu sektor pariwisata yang tumbuh paling cepat di dunia saat ini," ujar Kasak .

Sebagai gambaran, di sini ada banyak pengunjung multikultural. Tapi meski begitu, mereka yang berada di Kuala Lumpur saling menghormati umat muslim yang ada.

Di Malaysia, hari pertama bulan suci, semua kegiatan diliburkan. Ini menjadi libur umum resmi di negara bagian Melaka, Johor dan Kedah.

Untuk merayakan Ramadhan di Malaysia, pasar-pasar khusus bisa didatangi dan bisa ditemukan di hampir setiap sudut di seluruh negeri.

Kunjungan ke pasar-pasar adalah waktu yang tepat memanjakan lidah dengan berbagai hidangan lezat yang dipamerkan ketika Anda berbuka puasa.

"Ramadhan bazaar dari Malaysia biasanya dimulai pukul tiga sore," tulis wisatawan pada HotelClub, komunitas perjalanan online.

Perlu diketahui, ada tradisi yang unik Malaysia setiap bulan puasa. Rata-rata penduduk di sana membuat dan mendistribusikan krim bubur "bubur lambuk" yang membuat Ramadhan terasa beda di negara Asia Tenggara. Bubur terbuat dari potongan daging, santan, rempah-rempah dan bumbu beraroma dan didistribusikan oleh penduduk setempat.

Biasanya, suasana meriah Ramadhan mencapai puncaknya pada hari pertama Idul Fitri, hingga tiga hari yang menandai akhir bulan.

Turki

Turki sangat menarik untuk wisatawan Muslim selama bulan Ramadhan, atau "Ramazan" dalam bahasa Turki. Ini, karena Turki memiliki banyak situs spiritual dan masjid yang indah.

Sebuah tempat yang sangat populer bagi umat Islam untuk berbuka puasa adalah Sultanahmet Square - Istanbul Hippodrome yang terkenal di  Konstantinopel.

Banyak kawanan turis mendatangi alun-alun untuk mendapatkan nuansa perayaan tradisional Ramadhan yang meliputi tilawah, pertunjukan setelah salat Tarawih, dan pidato dari tokoh nasional.

Tak ketinggalan tentu saja, berbagai macam makanan Turki yang dijajakan di bazar yang didirikan di alun-alun.

"Juga akan ada vendor di seluruh alun-alun menjual makanan tradisional seperti kestane (chestnut panggang), Misir (jagung rebus), Kumpir dan minuman lezat seperti salep dan Boza. Gozleme dan Macun, semacam gula-gula dingin, juga akan tersedia untuk orang yang mencari selera Turki klasik, " tulis sebuah koran Turki.

Buat Anda yang sering kesiangan bangun tak perlu khawatir melewati makan sahur di Turki. Sebab, akan ada warga berkeliling kota sambil memukul beduk untuk membangunkan orang yang akan sahur.

Read more

6  Tips  Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

6 Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

Bulan Suci umat Islam segera datang. Tentunya mari kita sambut bulan yang penuh berkah dan ampunan ini dengan hati yang bersih. Mari kita gunakan momen ini untuk lebih meningkatkan ketaqwaan kita kepada-NYA.

Menjalankan ibadah puasa merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim yang telah memenuhi syarat secara Islam. Banyak manfaat yang akan kita dapatkan dengan melaksanakan ibadah puasa. Namun, tentu saja jika itu dijalankan dengan aturan yang benar dan tidak asal-asalan.

Nah, Bagaimana memadukan antara ibadah dan mendapatkan manfaat bagi kesehatan kita? Berikut  6 Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa.

Yang Pertama, Jangan Tinggalkan Sahur

Sahur merupakan salah satu rangkaian dalam ibadah puasa Ramadhan yang sangat disarankan, dalam sebuah Hadist disebutkan bahwa “Bersabda Rasulullah SAW: “Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar“. Kenapa sahur penting bagi kita yang menjalankan puasa?, Saat menjalankan puasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama 14 jam. Untuk itu supaya tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup. Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi, tapi hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis.

Banyak makan makanan manis disaat sahur akan membuat Anda cepat lapar di siang hari. Makanan manis membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin secara cepat, insulin berfungsi memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Sedangkan makan makanan berserat membuat proses pencernaan lebih lambat dan membantu insulin dikeluarkan secara bertahap. Untuk membuat energi dari sahur tahan lama, bersahurlah lebih akhir saat mendekati imsak.

Kedua, Jangan Tunda Berbuka

Setelah seharian menahan lapar dan dahaga tentunya energi kita terkuras, untuk memulihkan energi kembali, saat berbuka makanlah karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis. Makanan yang mengandung gula mengembalikan secara instant energi kita yang terkuras seharian. Tetapi usahakan menghindari minum es atau yang bersoda, karena jenis minuman ini dapat membuat pencernaan tak berfungsi secara normal.

Ketiga, Makanlah Secara Bertahap

Biasanya begitu mendengar bedug magrib, tanpa tunggu lagi kita langsung menyantap habis hidangan yang disediakan diatas meja. Ini bukanlah pola yang bagus untuk kesehatan, setelah seharian perut kita tak terisi dan organ cerna beristirahat, sebaiknya jangan langsung menyantap hidangan dalam jumlah besar. Saat tiba waktu berbuka makan makanan manis, seperti kolak, atau minum teh hangat, istirahatkan sesaat, bisa Anda gunakan jeda itu untuk menjalankan sholat magrib sambil memberi waktu organ cerna kita menyesuaikan. Baru setelah sholat Anda dapat lanjutkan kembali makan makanan yang lebih berat seperti nasi dan lauk-pauknya. Dan setelah Tarawih dilanjutkan lagi dengan sesi makan kecil atau camilan.

Keempat, Berolahragalah

Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk urusan ini pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka. Tarawih selain ibadah juga sebagai sarana menjaga kebugaran
jasmani karena saat melakukan sholat tarawih sama dengan membakar kalori.

Kelima, Konsumsi Cukup Air

Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh. Lebih dari 60 % tubuh kita terdiri dari air. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik setiap organ tubuh kita membutuhkan air. Tanpa air yang cukup tubuh akan mengalami gangguan. Untuk itu perbanyak minum air untuk simpanan dalam tubuh supaya semua organ berfungsi dengan baik. Yang disebut air disini bukan hanya berupa air putih, tapi susu dan teh pun juga termasuk di dalamnya. Supaya kebutuhan tubuh tercukupi, aturlah agar Anda minum delapan gelas air sebelum menjalani puasa esok hari.

Dan terakhir, Kendalikan Emosi

Rasulallah bersabda bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan nafsu. Dengan kata lain tujuan puasa adalah me-manage emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Tuhan. Secara psikologis ini mempengaruhi mental-spiritual kita, dengan mengendalian emosi membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat, dan merasakan kedekatan dengan Allah membuat hati kita damai.

http://www.pangkalanunik.com

Read more

Cara Mempersiapkan Pensiun Sejak Dini

Cara Mempersiapkan Pensiun Sejak Dini

Pensiun terkadang menjadi sebuah pemikiran bagi sebagian orang yang dan membuat takut. Hal yang paling ditakuti adalah dalam mengatur keuangan Anda. 

 
Hal ini, tidak perlu ditakuti bila Anda sudah mempersiapkan dari awal untuk masalah ini. Cukup dengan persiapan yang matang, maka pada masa pensiun Anda akan merasa tenang. Berikut, beberapa cara untuk mempersiapkan masa pensiun Anda, seperti dilansir laman Huffingtonpost.
 
Mulai untuk menabung
 
Jika Anda tidak menabung, sudah saatnya memulainya. Anda bisa mulai dari nilai yang kecil, dan mulai untuk menaikan jumlah tabungan setiap bulan. Semakin cepat Anda menabung, makin banyak uang Anda akan bertambah.
 
Perkirakan kebutuhan pensiun Anda
 
Para ahli memperkirakan bahwa Anda akan membutuhkan sekitar 70 persen dari pendapatan sebelum pensiun, sedangkan untuk yang berpenghasilan rendah, angka tersebut naik menjadi 90 persen, atau lebih. Hitungan tersebut, untuk mempertahankan standar hidup saat ini ketika berhenti bekerja. 
 
Belajar untuk berinvestasi
 
Bagaimana Anda menyimpan bisa sama penting dengan berapa banyak yang Anda simpan. Inflasi dan jenis investasi yang Anda buat, memainkan peran penting dalam seberapa banyak Anda akan simpan ketika pensiun. Pelajari pilihan investas rencana Anda, seperti masukan tabungan Anda dalam berbagai jenis investasi. Dengan cara ini, Anda lebih mungkin untuk mengurangi risiko dan meningkatkan keuntungan. 
 
Jangan sentuh tabungan
 

Jika Anda menarik tabungan pensiun Anda sekarang, Anda akan kehilangan uang pokok dan bunga. Anda mungkin juga kehilangan manfaat pajak atau harus membayar denda penarikan. Jika Anda pindah perusahaan, tetap simpan tabungan pensiun Anda dan jangan diambil walau sedikit pun.

Read more

18 CARA AMPUH MENINGKATKAN  IQ ANDA

18 CARA AMPUH MENINGKATKAN IQ ANDA

1. Tarik Nafas Dalam-dalam.

Dengan bernafas melalui hidung anda bisa meningkatkan fungsi otak anda dengan cepat. Menarik nafas dalam-dalam memberikan asupan oksigen lebih banyak pada darah anda, dan tentunya pada otak anda. Tingkat oksigen rendah pada darah anda akan mengurangi fungsi otak anda. Jika anda berminat, anda bisa mencoba melakukan olahraga pernafasan.

2. Buatlah Jurnal.

Catharine M. Cox, seorang penulis buku, pernah mempelajari kebiasaan 300 orang jenius – seperti Isaac Newton, Einstein, dan Thomas Jefferson – dan menemukan bahwa semua orang jenius tersebut merupakan penulis jurnal atau buku harian yang rajin. Juga, ingatlah bahwa Thomas Edison menulis 3 juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal pribadi sepanjang hidupnya.

3. Belajarlah Sebanyak Mungkin.

Ketika kita mempelajari hal-hal baru, kita menciptakan bagian aliran arus syaraf baru dalam otak kita. Orang yang “pintar” adalah seseorang yang memiliki aliran arus lebih banyak dibandingkan dengan orang lain. Otak manusia akan menciptakan aliran arus syaraf dengan mempelajari hal-hal baru; dan semakin beragam hal yang dipelajari, semakin “pintar” pula otak kita.

4. Belajarlah Membaca Cepat.

Photo Reading merupakan teknik yang sangat mudah dipelajari yang akan membantu anda memproses informasi tertulis dalam jumlah besar lebih cepat dan membantu anda mengingat informasi tersebut lebih baik dibandingkan dengan metode tradisional yang diajarkan di sekolah.

Meskipun kebanyakan teknik membaca cepat mengajarkan anda cara untuk menggerakkan mata anda dengan lebih cepat dalam setiap halaman yang anda baca, Photo Reading merupakan sistem membaca yang mengajarakan anda untuk menggunakan pikiran sadar dan bawah sadar anda ketika membaca. Pada dasarnya, Photo Reading dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan bacaan yang mudah dibaca dengan menerapkan beberapa teknik yang berbeda setiap waktu. Bahan pertama melibatkan pikiran sadar anda dan menggunakan metode lain untuk meningkatkan daya ingat anda dan memahami materi.

5. Ambil Waktu Singkat untuk Beristirahat Secara Berkala.

Belajarlah selama 20 menit lalu ambil waktu untuk beristirahat secara singkat. Metode ini efektif karena hal-hal yang anda pelajari pada awal dan akhir pada sesi belajar anda akan bertahan lebih lama dalam ingatan anda. Anda bisa mengunduh (download) Motivator Software secara cuma-cuma sehingga setiap 20 menit akan muncul pesan pada komputer anda yang mengingatkan anda untuk beristirahat.

6. Gunakan Akronim untuk Mengingat Informasi.

Akronim merupakan bentuk singkatan yang dibentuk dari huruf awal setiap kata. Metode ingatan ini akan membantu anda untuk mempelajari informasi dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat. Sebagai contoh, “Every Good Boy Does Fine” merupakan akronim yang sering digunakan para musisi untuk mengingat nada dalam kunci tertentu.

7. Sarapan Pagi.

Sarapan telah terbukti dapat meningkatkan daya konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, kinerja mental, daya ingat, dan mood. Sarapan merupakan kesempatan pertama bagi tubuh untuk mengisi ulang level glukosa setelah periode 8 hingga 12 jam tanpa makanan. Glukosa merupakan sumber utama energi bagi tubuh anda.

8. Gunakan Tubuh Anda untuk Membantu Anda Mempelajari Sesuatu.

Gerakan tubuh merupakan proses kunci dalam perkembangan dan proses belajar. Brain Gym (Olahraga Otak) merupakan program olahraga yang sederhana, yang dikembangkan selama 25 tahun oleh para spesialis pendidikan, Dr. Paul Dennison. Brain Gym dapat membantu anda dalam hal-hal sebagai berikut:
- Pemahaman
- Konsentrasi
- Berpikir secara abstrak
- Daya ingat
- Keletihan mental
- Kemampuan menyelesaikan tugas
- Keseimbangan fisik dan koordinasi

Klik disini untuk menemukan 3 latihan Brain Gym yang bisa anda lakukan (”Brain Buttons”, “Cross Crawl”, and Hook Ups”).

9. Meditasi.

Neuropsychologist mengatakan bahwa meditasi dapat mengubah struktur otak anda. Hasil scan MRI dari para meditator menunjukkan kegiatan otak lebih banyak dalam sirkuit otak anda khususnya dalam memperhatikan sesuatu. Ketika suara-suara mengganggu diperdengarkan pada para meditator yang sedang melalui Scan MRI, suara-suara tersebut hanya memiliki pengaruh kecil pada area dalam otak mereka yang melibatkan emosi dan proses pengambilan keputusan dibandingkan dengan orang-orang yang tidak bermeditasi atau meditator yang kurang berpengalaman.

10. Jauhi Makanan yang Mengandung Gula.

Karbohidrat dalam bentuk apapun – seperti pasta, roti putih dan keripik kentang – dapat membuat anda merasa lelah dan malas. Efek dari memakan makanan ini akan membuat anda sulit berpikir jernih. Hal ini merupakan hasil dari insulin yang mengalir dalam darah anda untuk menangkal kadar gula yang terlalu tinggi.

11. Olah Kecerdasan Emosional (EI) Anda.

Selama bertahun-tahun publik memberikan banyak penekanan pada aspek kecerdasan, seperti kemampuan berpikir logis, matematis, pemahaman ruang, analogi, verbal, dan lain-lain. Namun, selama beberapa tahun terakhir, banyak orang merasa mereka membuang potensi yang mereka miliki dengan berpikir, bersikap, dan berkomunikasi dalam cara-cara yang menghambat peluang mereka mencapai kesuksesan. Kecerdasan emosi diakui sebagai kemampuan meta fisik yang memungkinkan anda untuk memanfaatkan kemampuan serta bakat yang anda miliki secara optimal. Ikutilah tes kecerdasan emosi disini.

12. Manfaatkan Setiap Waktu Anda.

Manfaatkan setiap waktu, contohnya ketika anda menggunakan transportasi publik atau mengantri, secara produktif. Selesaikan teka-teki silang atau Sudoku ketika menunggu di antrian dan dengarkan program audio ketika menggunakan transportasi publik.

13. Jogging.

Seorang pakar menjelaskan bahwa anda bisa meningkatkan mood, mencegah hilang ingatan, mempertajam kecerdasan anda, dan bekerja dengan lebih baik hanya dengan mengolah detak jantung anda dan berkeringat. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa olahraga aerobic membentuk kembali otak kita untuk mencapai kinerja optimal.

14. Latih Semua Indra Anda.

Para ilmuwan menemukan bahwa otak manusia belajar paling efektif melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan berbagai indra. Anak-anak dan orang dewasa belajar sangat baik ketika mereka belajar melalui kegiatan yang melibatkan penglihatan, suara, emosi, timbale balik, orientasi ruang, dan bahkan indra pengecap dan perasa.

Mike Adams, seorang penulis buku, menjelaskan dalam bukunya bahwa seorang anak yang diberikan definisi “tanpa bobot” secara verbal memperoleh informasi mengenai kata tersebut melalui 1 dimensi: pendengaran. Jika anda menunjukkan kepada seorang anak film mengenai seorang astronot yang mengapung di luar angkasa ketika anda mengucapkan kata “tanpa bobot”, anda memberikan informasi kata tersebut melalui 2 dimensi; dimana si anak melihat dan mendengar kata tersebut. Dan jika anda menyuruh si anak melompat-lompat menggunakan trampoline dan meneriakkan kata “tanpa bobot” ketika si anak berada di udara, pengertian kata tersebut akan semakin tertanam lebih dalam di otaknya.

15. Latihlah Gelombang Otak Alpha Anda.

Penelitian menemukan bahwa kondisi ideal untuk belajar adalah ketika otak sedang dalam kondisi santai, namun tetap fokus dan terjaga. Dalam keadaan ini gelombang otak berjalan sekitar 8 hingga 12 siklus per detik, yang dikenal dengan istilah kondisi alpha.

16. Konsumsilah Antioksidan.

Antioksidan melindungi sel-sel tubuh anda, termasuk sel otak anda. Beberapa makanan dengan kandungan antioksidan tinggi antara lain: kismis, bluberry, blackberry, bawang putih, cranberry, strawberry, bayam, dan raspberry.

17. Gunakan Intuisi Anda.

Belajarlah untuk menggunakan intuisi menjadi sebuah proses mengumpulkan informasi. Dengan mengandalkan intuisi anda, anda memperluas kewaspadaan dan mengarahkan anda pada alam bawah sadar anda untuk mengumpulkan informasi dari lingkungan sekitar anda.

18. Gunakan Sistem Pembantu Memori.

Sistem pembantu memori, atau yg dikenal dengan istilah system objek angka, merupakan teknik untuk mengingat daftar. System ini bekerja dengan mengingat-ingat daftar kata yang dengan mudah dapat “dikaitkan” dengan angka yang diwakili oleh kata-kata tersebut. (1-10, 1-100, dan seterusnya). Itulah memori anda. Jika anda harus mengingat sebuah daftar dalam waktu singkat, setiap benda dalam daftar tersebut dapat anda sesuaikan dengan angka yang cocok. Setelah anda mengingat-ingat angka-angka tersebut, anda bisa menggunakan angka yang sama berulang kali setiap kali anda perlu mengingat-ingat sesuatu.

Ketika anda harus menghafalkan hal-hal yang berada dalam daftar, visualisasikan benda tersebut dengan angka yang anda miliki. Anda bisa memilih kata-kata yang memiliki rima yang sama dengan angka tersebut, berikut contoh yang diambil dari Wikipedia:
• 1-gun
• 2-zoo
• 3-tree
• 4-door
• 5-hive
• 6-bricks
• 7-heaven
• 8-plate
• 9-wine
• 10-hen

Sebagai contoh, jika anda menghafalkan 10 benda yang anda ingin beli di toko obat: kapas (cotton ball), pasta gigi (toothpaste), permen karet (gum), kertas (paper), lem (glue), kartu index (index cards), multivitamin (multivitamins), krim tangan (hand cream), shampoo, dan kutek (nail polish). Lakukan hal berikut:
1. Bayangkan kapas (cotton balls) ditembakkan dari pistol (gun)
2. Bayangkan seekor gorila di kebun binatang (zoo) sedang menggosok giginya
3. Bayangkan sebuah pohon (a tree) dengan sebungkus permen karet (gum) tumbuh pada cabangnya
4. Bayangkan seseorang masuk melalui pintu kertas (paper door)
5. Bayangkan se-toples lem (glue) dikeliling lebah seakan-akan toples tersebut adalah sarang lebah (beehive)
6. Bayangkan sebuah rumah terbuat dari bata (bricks) kartu index (index cards)
7. Bayangkan malaikat (angels) sedang minum multivitamin.
8. Bayangkan sebuah piring (a plate full) berisi krim tangan (hand cream)
9. Bayangkan sebuah gelas wine (a wine glass) berisi shampoo.
10. Bayangkan seekor ayam jantan (a hen) dengan kuku berwarna merah (bright red nails).

Semoga bermanfaat …

1. Tarik Nafas Dalam-dalam.

Dengan bernafas melalui hidung anda bisa meningkatkan fungsi otak anda dengan cepat. Menarik nafas dalam-dalam memberikan asupan oksigen lebih banyak pada darah anda, dan tentunya pada otak anda. Tingkat oksigen rendah pada darah anda akan mengurangi fungsi otak anda. Jika anda berminat, anda bisa mencoba melakukan olahraga pernafasan.

2. Buatlah Jurnal.

Catharine M. Cox, seorang penulis buku, pernah mempelajari kebiasaan 300 orang jenius – seperti Isaac Newton, Einstein, dan Thomas Jefferson – dan menemukan bahwa semua orang jenius tersebut merupakan penulis jurnal atau buku harian yang rajin. Juga, ingatlah bahwa Thomas Edison menulis 3 juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal pribadi sepanjang hidupnya.

3. Belajarlah Sebanyak Mungkin.

Ketika kita mempelajari hal-hal baru, kita menciptakan bagian aliran arus syaraf baru dalam otak kita. Orang yang “pintar” adalah seseorang yang memiliki aliran arus lebih banyak dibandingkan dengan orang lain. Otak manusia akan menciptakan aliran arus syaraf dengan mempelajari hal-hal baru; dan semakin beragam hal yang dipelajari, semakin “pintar” pula otak kita.

4. Belajarlah Membaca Cepat.

Photo Reading merupakan teknik yang sangat mudah dipelajari yang akan membantu anda memproses informasi tertulis dalam jumlah besar lebih cepat dan membantu anda mengingat informasi tersebut lebih baik dibandingkan dengan metode tradisional yang diajarkan di sekolah.

Meskipun kebanyakan teknik membaca cepat mengajarkan anda cara untuk menggerakkan mata anda dengan lebih cepat dalam setiap halaman yang anda baca, Photo Reading merupakan sistem membaca yang mengajarakan anda untuk menggunakan pikiran sadar dan bawah sadar anda ketika membaca. Pada dasarnya, Photo Reading dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan bacaan yang mudah dibaca dengan menerapkan beberapa teknik yang berbeda setiap waktu. Bahan pertama melibatkan pikiran sadar anda dan menggunakan metode lain untuk meningkatkan daya ingat anda dan memahami materi.

5. Ambil Waktu Singkat untuk Beristirahat Secara Berkala.

Belajarlah selama 20 menit lalu ambil waktu untuk beristirahat secara singkat. Metode ini efektif karena hal-hal yang anda pelajari pada awal dan akhir pada sesi belajar anda akan bertahan lebih lama dalam ingatan anda. Anda bisa mengunduh (download) Motivator Software secara cuma-cuma sehingga setiap 20 menit akan muncul pesan pada komputer anda yang mengingatkan anda untuk beristirahat.

6. Gunakan Akronim untuk Mengingat Informasi.

Akronim merupakan bentuk singkatan yang dibentuk dari huruf awal setiap kata. Metode ingatan ini akan membantu anda untuk mempelajari informasi dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat. Sebagai contoh, “Every Good Boy Does Fine” merupakan akronim yang sering digunakan para musisi untuk mengingat nada dalam kunci tertentu.

7. Sarapan Pagi.

Sarapan telah terbukti dapat meningkatkan daya konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, kinerja mental, daya ingat, dan mood. Sarapan merupakan kesempatan pertama bagi tubuh untuk mengisi ulang level glukosa setelah periode 8 hingga 12 jam tanpa makanan. Glukosa merupakan sumber utama energi bagi tubuh anda.

8. Gunakan Tubuh Anda untuk Membantu Anda Mempelajari Sesuatu.

Gerakan tubuh merupakan proses kunci dalam perkembangan dan proses belajar. Brain Gym (Olahraga Otak) merupakan program olahraga yang sederhana, yang dikembangkan selama 25 tahun oleh para spesialis pendidikan, Dr. Paul Dennison. Brain Gym dapat membantu anda dalam hal-hal sebagai berikut:
- Pemahaman
- Konsentrasi
- Berpikir secara abstrak
- Daya ingat
- Keletihan mental
- Kemampuan menyelesaikan tugas
- Keseimbangan fisik dan koordinasi

Klik disini untuk menemukan 3 latihan Brain Gym yang bisa anda lakukan (”Brain Buttons”, “Cross Crawl”, and Hook Ups”).

9. Meditasi.

Neuropsychologist mengatakan bahwa meditasi dapat mengubah struktur otak anda. Hasil scan MRI dari para meditator menunjukkan kegiatan otak lebih banyak dalam sirkuit otak anda khususnya dalam memperhatikan sesuatu. Ketika suara-suara mengganggu diperdengarkan pada para meditator yang sedang melalui Scan MRI, suara-suara tersebut hanya memiliki pengaruh kecil pada area dalam otak mereka yang melibatkan emosi dan proses pengambilan keputusan dibandingkan dengan orang-orang yang tidak bermeditasi atau meditator yang kurang berpengalaman.

10. Jauhi Makanan yang Mengandung Gula.

Karbohidrat dalam bentuk apapun – seperti pasta, roti putih dan keripik kentang – dapat membuat anda merasa lelah dan malas. Efek dari memakan makanan ini akan membuat anda sulit berpikir jernih. Hal ini merupakan hasil dari insulin yang mengalir dalam darah anda untuk menangkal kadar gula yang terlalu tinggi.

11. Olah Kecerdasan Emosional (EI) Anda.

Selama bertahun-tahun publik memberikan banyak penekanan pada aspek kecerdasan, seperti kemampuan berpikir logis, matematis, pemahaman ruang, analogi, verbal, dan lain-lain. Namun, selama beberapa tahun terakhir, banyak orang merasa mereka membuang potensi yang mereka miliki dengan berpikir, bersikap, dan berkomunikasi dalam cara-cara yang menghambat peluang mereka mencapai kesuksesan. Kecerdasan emosi diakui sebagai kemampuan meta fisik yang memungkinkan anda untuk memanfaatkan kemampuan serta bakat yang anda miliki secara optimal. Ikutilah tes kecerdasan emosi disini.

12. Manfaatkan Setiap Waktu Anda.

Manfaatkan setiap waktu, contohnya ketika anda menggunakan transportasi publik atau mengantri, secara produktif. Selesaikan teka-teki silang atau Sudoku ketika menunggu di antrian dan dengarkan program audio ketika menggunakan transportasi publik.

13. Jogging.

Seorang pakar menjelaskan bahwa anda bisa meningkatkan mood, mencegah hilang ingatan, mempertajam kecerdasan anda, dan bekerja dengan lebih baik hanya dengan mengolah detak jantung anda dan berkeringat. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa olahraga aerobic membentuk kembali otak kita untuk mencapai kinerja optimal.

14. Latih Semua Indra Anda.

Para ilmuwan menemukan bahwa otak manusia belajar paling efektif melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan berbagai indra. Anak-anak dan orang dewasa belajar sangat baik ketika mereka belajar melalui kegiatan yang melibatkan penglihatan, suara, emosi, timbale balik, orientasi ruang, dan bahkan indra pengecap dan perasa.

Mike Adams, seorang penulis buku, menjelaskan dalam bukunya bahwa seorang anak yang diberikan definisi “tanpa bobot” secara verbal memperoleh informasi mengenai kata tersebut melalui 1 dimensi: pendengaran. Jika anda menunjukkan kepada seorang anak film mengenai seorang astronot yang mengapung di luar angkasa ketika anda mengucapkan kata “tanpa bobot”, anda memberikan informasi kata tersebut melalui 2 dimensi; dimana si anak melihat dan mendengar kata tersebut. Dan jika anda menyuruh si anak melompat-lompat menggunakan trampoline dan meneriakkan kata “tanpa bobot” ketika si anak berada di udara, pengertian kata tersebut akan semakin tertanam lebih dalam di otaknya.

15. Latihlah Gelombang Otak Alpha Anda.

Penelitian menemukan bahwa kondisi ideal untuk belajar adalah ketika otak sedang dalam kondisi santai, namun tetap fokus dan terjaga. Dalam keadaan ini gelombang otak berjalan sekitar 8 hingga 12 siklus per detik, yang dikenal dengan istilah kondisi alpha.

16. Konsumsilah Antioksidan.

Antioksidan melindungi sel-sel tubuh anda, termasuk sel otak anda. Beberapa makanan dengan kandungan antioksidan tinggi antara lain: kismis, bluberry, blackberry, bawang putih, cranberry, strawberry, bayam, dan raspberry.

17. Gunakan Intuisi Anda.

Belajarlah untuk menggunakan intuisi menjadi sebuah proses mengumpulkan informasi. Dengan mengandalkan intuisi anda, anda memperluas kewaspadaan dan mengarahkan anda pada alam bawah sadar anda untuk mengumpulkan informasi dari lingkungan sekitar anda.

18. Gunakan Sistem Pembantu Memori.

Sistem pembantu memori, atau yg dikenal dengan istilah system objek angka, merupakan teknik untuk mengingat daftar. System ini bekerja dengan mengingat-ingat daftar kata yang dengan mudah dapat “dikaitkan” dengan angka yang diwakili oleh kata-kata tersebut. (1-10, 1-100, dan seterusnya). Itulah memori anda. Jika anda harus mengingat sebuah daftar dalam waktu singkat, setiap benda dalam daftar tersebut dapat anda sesuaikan dengan angka yang cocok. Setelah anda mengingat-ingat angka-angka tersebut, anda bisa menggunakan angka yang sama berulang kali setiap kali anda perlu mengingat-ingat sesuatu.

Ketika anda harus menghafalkan hal-hal yang berada dalam daftar, visualisasikan benda tersebut dengan angka yang anda miliki. Anda bisa memilih kata-kata yang memiliki rima yang sama dengan angka tersebut, berikut contoh yang diambil dari Wikipedia:
• 1-gun
• 2-zoo
• 3-tree
• 4-door
• 5-hive
• 6-bricks
• 7-heaven
• 8-plate
• 9-wine
• 10-hen

Sebagai contoh, jika anda menghafalkan 10 benda yang anda ingin beli di toko obat: kapas (cotton ball), pasta gigi (toothpaste), permen karet (gum), kertas (paper), lem (glue), kartu index (index cards), multivitamin (multivitamins), krim tangan (hand cream), shampoo, dan kutek (nail polish). Lakukan hal berikut:
1. Bayangkan kapas (cotton balls) ditembakkan dari pistol (gun)
2. Bayangkan seekor gorila di kebun binatang (zoo) sedang menggosok giginya
3. Bayangkan sebuah pohon (a tree) dengan sebungkus permen karet (gum) tumbuh pada cabangnya
4. Bayangkan seseorang masuk melalui pintu kertas (paper door)
5. Bayangkan se-toples lem (glue) dikeliling lebah seakan-akan toples tersebut adalah sarang lebah (beehive)
6. Bayangkan sebuah rumah terbuat dari bata (bricks) kartu index (index cards)
7. Bayangkan malaikat (angels) sedang minum multivitamin.
8. Bayangkan sebuah piring (a plate full) berisi krim tangan (hand cream)
9. Bayangkan sebuah gelas wine (a wine glass) berisi shampoo.
10. Bayangkan seekor ayam jantan (a hen) dengan kuku berwarna merah (bright red nails).

Semoga bermanfaat …

SUMBER : Ads by KLIKSAYA.Com

 

Read more

Peraturan Presiden No. 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden No 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa

Peraturan Presiden No. 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden No 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa

JAKARTA- Peraturan Presiden No. 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden No 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah telah ditandatangani oleh Presiden. Dalam Perpres 70/2012 ini mencakup berbagai perubahan kebijakan yang secara signifikan berpengaruh terhadap pengadaan barang/jasa pemerintah (PB/JP), penyerapan anggaran negara, dan pencegahan korupsi dalam PB/JP.

Sebelumnya tercatat Perubahan Pertama atas Perpres 54 Tahun 2010 telah dilakukan tahun lalu dengan diterbitkannya Perpres No. 35 Tahun 2011 yang mencakup penambahan kriteria Penunjukan Langsung (PL) untuk pekerjaan jasa konsultan hukum (advokat) dan arbiter yang mendesak dan tidak bisa direncanakan terlebih dahulu.

Perubahan yang tertuang dalam Perpres 70 tahun 2012 ini bertujuan menghilangkan bottlenecking dan multi tafsir yang membuat penyerapan anggaran terlambat dan memperjelas arah reformasi kebijakan pengadaan.

Perpres 70/2012 ini mulai berlaku sejak diundangkan, yakni tanggal 1 Agustus 2012. Pengadaan yang sedang dilaksanakan dilanjutkan dengan tetap berpedoman pada Perpres No. 54 Tahun 2010. Demikian pula dengan perjanjian/kontrak yang ditandatangani sebelum berlakunya Perpres ini tetap berlaku sampai dengan berakhirnya perjanjian/kontrak

Dengan perubahan ini, diharapkan percepatan penyerapan anggaran dapat terlaksana dan makin berkurangnya penyimpangan dalam proses pengadaan barang/jasa. Saat ini LKPP juga tengah menyiapkan RUU Pengadaan barang/Jasa Publik dengan tujuan memberikan kepastian hukum, mewujudkan good governance, terciptanya iklim usaha yang sehat, serta optimalisasi pelayanan publik dalam bidang pengadaan barang dan jasa [sumber: Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP)]

Read more

5 Cara Mengontrol Emosi dalam Islam

5 Cara Mengontrol Emosi dalam Islam

Salah satu senjata setan untuk membinasakan manusia adalah marah. Dengan cara ini, setan bisa dengan sangat mudah mengendalikan manusia. Karena marah, orang bisa dengan mudah mengucapkan kalimat kekafiran, menggugat takdir, ngomong jorok, mencaci habis, bahkan sampai kalimat carai yang membubarkan rumah tangganya.

Karena marah pula, manusia bisa merusak semua yang ada di sekitarnya. Dia bisa banting piring, lempar gelas, pukul kanan-pukul kiri, bahkan sampai tindak pembunuhan. Di saat itulah, misi setan untuk merusak menusia tercapai.

Tentu saja, permsalahannya tidak selesai sampai di sini. Masih ada yang namanya balas dendam dari pihak yang dimarahi. Anda bisa bayangkan, betapa banyak kerusakan yang ditimbulkan karena marah.

Menyadari hal ini, islam sangat menekankan kepada umat manusia untuk berhati-hati ketika emosi. Banyak motivasi yang diberikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam agar manusia tidak mudah terpancing emosi. Diantaranya, beliau menjanjikan sabdanya yang sangat ringkas,

لا تغضب ولك الجنة

“Jangan marah, bagimu surga.” (HR. Thabrani dan dinyatakan shahih dalam kitab shahih At-Targhib no. 2749)

Allahu akbar, jaminan yang luar biasa. Surga..dihiasi dengan berbagai kenikmatan, bagi mereka yang mampu menahan amarah. Semoga ini bisa memotivasi kita untuk tidak mudah terpancing emosi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana Cara Mengendalikan Diri Ketika Sedang Emosi?

 

Agar kita tidak terjerumus ke dalam dosa yang lebih besar, ada beberapa cara mengendalikan emosi yang diajarkan dalam Al-Quran dan Sunah. Semoga bisa menjadi obat mujarab bagi kita ketika sedang marah.

Pertama, segera memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan, dengan membaca ta’awudz:

أعوذُ بالله مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجيمِ

A-‘UDZU BILLAHI MINAS SYAITHANIR RAJIIM

Karena sumber marah adalah setan, sehingga godaannya bisa diredam dengan memohon perlindungan kepada Allah.

Dari sahabat Sulaiman bin Surd radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan,

Suatu hari saya duduk bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika itu ada dua orang yang saling memaki. Salah satunya telah merah wajahnya dan urat lehernya memuncak. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِني لأعلمُ كَلِمَةً لَوْ قالَهَا لذهبَ عنهُ ما يجدُ، لَوْ قالَ: أعوذُ بالله مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجيمِ، ذهب عَنْهُ ما يَجدُ

Sungguh saya mengetahui ada satu kalimat, jika dibaca oleh orang ini, marahnya akan hilang. Jika dia membaca ta’awudz: A’-uudzu billahi minas syaithanir rajiim, marahnya akan hilang. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila seseorang marah, kemudian membaca: A-‘udzu billah (saya berlindung kepada Allah) maka marahnya akan reda.” (Hadis shahih – silsilah As-Shahihah, no. 1376)

Kedua, DIAM dan jaga lisan

Bawaan orang marah adalah berbicara tanpa aturan. Sehingga bisa jadi dia bicara sesuatu yang mengundang murka Allah. Karena itulah, diam merupakan cara mujarab untuk menghindari timbulnya dosa yang lebih besar.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَ

“Jika kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad dan Syuaib Al-Arnauth menilai Hasan lighairih).

Ucapan kekafiran, celaan berlebihan, mengumpat takdir, dst., bisa saja dicatat oleh Allah sebagai tabungan dosa bagi ini. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallammengingatkan,

إِنَّ العَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالكَلِمَةِ، مَا يَتَبَيَّنُ فِيهَا، يَزِلُّ بِهَا فِي النَّارِ أَبْعَدَ مِمَّا بَيْنَ المَشْرِقِ

Sesungguhnya ada hamba yang mengucapkan satu kalimat, yang dia tidak terlalu memikirkan dampaknya, namun menggelincirkannya ke neraka yang dalamnya sejauh timur dan barat. (HR. Bukhari dan Muslim)

Di saat kesadaran kita berkurang, di saat nurani kita tertutup nafsu, jaga lisan baik-baik, jangan sampai lidah tak bertulang ini, menjerumuskan anda ke dasar neraka.

Ketiga, mengambil posisi lebih rendah

Kecenderungan orang marah adalah ingin selalu lebih tinggi.. dan lebih tinggi. Semakin dituruti, dia semakin ingin lebih tinggi. Dengan posisi lebih tinggi, dia bisa melampiaskan amarahnya sepuasnya.

Karena itulah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan saran sebaliknya. Agar marah ini diredam dengan mengambil posisi yang lebih rendah dan lebih rendah. Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menasehatkan,

إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ قَائِمٌ فَلْيَجْلِسْ، فَإِنْ ذَهَبَ عَنْهُ الْغَضَبُ وَإِلَّا فَلْيَضْطَجِعْ

Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak dia mengambil posisi tidur. (HR. Ahmad 21348, Abu Daud 4782 dan perawinya dinilai shahih oleh Syuaib Al-Arnauth).

Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, sahabat yang meriwayatkan hadis ini, melindungi dirinya ketika marah dengan mengubah posisi lebih rendah. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnadnya, dari Abul Aswad Ad-Duali, beliau menceritakan kejadian yang dialami Abu Dzar,

“Suatu hari Abu Dzar mengisi ember beliau. Tiba-tiba datang beberapa orang yang ingin mengerjai Abu Dzar. ‘Siapa diantara kalian yang berani mendatangi Abu Dzar dan mengambil beberapa helai rambutnya?’ tanya salah seorang diantara mereka. “Saya.” Jawab kawannya.

Majulah orang ini, mendekati Abu Dzar yang ketika itu berada di dekat embernya, dan menjitak kepala Abu Dzar untuk mendapatkan rambutnya. Ketika itu Abu Dzar sedang berdiri. Beliaupun langsung duduk kemudian tidur.

Melihat itu, orang banyak keheranan. ‘Wahai Abu Dzar, mengapa kamu duduk, kemudian tidur?’ tanya mereka keheranan.

Abu Dzar kemudian menyampaikan hadis di atas. Subhanallah.., demikianlah semangat sahabat dalam mempraktekkan ajaran nabi mereka.

Mengapa duduk dan tidur?

Al-Khithabi menjelaskan,

القائم متهيئ للحركة والبطش، والقاعد دونه في هذا المعنى، والمضطجع ممنوع منهما، فيشبه أن يكون النبي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إنما أمره بالقعود لئلا تبدر منه في حال قيامه وقعوده بادرة يندم عليها فيما بعدُ

Orang yang berdiri, mudah untuk bergerak dan memukul, orang yang duduk, lebih sulit untuk bergerak dan memukul, sementara orang yang tidur, tidak mungkin akan memukul. Seperti ini apa yang disampaikan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Perintah beliau untuk duduk, agar orang yang sedang dalam posisi berdiri atau duduk tidak segera melakukan tindakan pelampiasan marahnya, yang bisa jadi menyebabkan dia menyesali perbuatannya setelah itu. (Ma’alim As-Sunan, 4/108)

Keempat, Ingatlah hadis ini ketika marah

Dari Muadz bin Anas Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

مَنْ كَظَمَ غَيْظاً وَهُوَ قادرٌ على أنْ يُنفذهُ دعاهُ اللَّهُ سبحانهُ وتعالى على رءوس الخَلائِقِ يَوْمَ القيامةِ حتَّى يُخيرهُ مِنَ الحورِ العين ما شاءَ

“Siapa yang berusaha menahan amarahnya, padahal dia mampu meluapkannya, maka dia akan Allah panggil di hadapan seluruh makhluk pada hari kiamat, sampai Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari yang dia kehendaki. (HR. Abu Daud, Turmudzi, dan dihasankan Al-Albani)

Subhanallah.., siapa yang tidak bangga ketika dia dipanggil oleh Allah di hadapan semua makhluk pada hari kiamat, untuk menerima balasan yang besar? Semua manusia dan jin menyaksikan orang ini, maju di hadapan mereka untuk menerima pahala yang besar dari Allah ta’ala. Tahukah anda, pahala ini Allah berikan kepada orang yang hanya sebatas menahan emosi dan tidak melampiaskan marahnya. Bisa kita bayangkan, betapa besar pahalanya, ketika yang dia lakukan tidak hanya menahan emosi, tapi juga memaafkan kesalahan orang tersebut dan bahwa membalasnya dengan kebaikan.

Mula Ali Qori mengatakan,

وَهَذَا الثَّنَاءُ الْجَمِيلُ وَالْجَزَاءُ الْجَزِيلُ إِذَا تَرَتَّبَ عَلَى مُجَرَّدِ كَظْمِ الْغَيْظِ فَكَيْفَ إِذَا انْضَمَّ الْعَفْوُ إِلَيْهِ أَوْ زَادَ بِالْإِحْسَانِ عَلَيْهِ

Pujian yang indah dan balasan yang besar ini diberikan karena sebatas menahan emosi. Bagaimana lagi jika ditambahkan dengan sikap memaafkan atau bahkan membalasnya dengan kebaikan. (Tuhfatul Ahwadzi Syarh Sunan Turmudzi, 6/140).

Satu lagi, yang bisa anda ingat ketika marah, agar bisa meredakan emosi anda:

Hadis dari Ibnu Umar,

من كف غضبه ستر الله عورته ومن كظم غيظه ولو شاء أن يمضيه أمضاه ملأ الله قلبه يوم القيامة رضا

Siapa yang menahan emosinya maka Allah akan tutupi kekurangannya. Siapa yang menahan marah, padahal jika dia mau, dia mampu melampiaskannya, maka Allah akan penuhi hatinya dengan keridhaan pada hari kiamat. (Diriwayatkan Ibnu Abi Dunya dalam Qadha Al-Hawaij, dan dinilai hasan oleh Al-Albani).

Ya, tapi yang sulit bukan hanya itu. Ada satu keadaan yang jauh lebih sulit untuk disuasanakan sebelum itu, yaitu mengkondisikan diri kita ketika marah untuk mengingat balasan besar dalam hadis di atas. Umumnya orang yang emosi lupa segalanya. Sehingga kecil peluang untuk bisa mengingat balasan yang Allah berikan bagi orang yang bisa menahan emosi.

Siapakah kita dibandingkan Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu. Sekalipun demikian, beliau terkadang lupa dengan ayat dan anjuran syariat, ketika sudah terbawa emosi.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau menceritakan bahwa ada seseorang yang minta izin kepada Khalifah Umar untuk bicara. Umarpun mengizinkannya. Ternyata orang ini membabi buta dan mengkritik habis sang Khalifah.

‘Wahai Ibnul Khattab, demi Allah, kamu tidak memberikan pemberian yang banyak kepada kami, dan tidak bersikap adil kepada kami.”

Mendengar ini, Umarpun marah, dan hendak memukul orang ini. Sampai akhirnya Al-Hur bin Qais (salah satu teman Umar) mengingatkan,

‘Wahai Amirul Mukminin, sesungguhnya Allah berfirman kepada nabi-Nyashallallahu ‘alaihi wa sallam (yang artinya): ‘Berikanlah maaf, perintahkan yang baik, dan jangan hiraukan orang bodoh.’ dan orang ini termasuk orang bodoh.’

Demi Allah, Umar tidak jadi melampiaskan emosinya ketika mendengar ayat ini dibacakan. Dan dia adalah manusia yang paling tunduk terhadap kitab Allah. (HR. Bukhari 4642).

Yang penting, anda jangan berputus asa, karena semua bisa dilatih. Belajarlah untuk mengingat peringatan Allah, dan ikuti serta laksanakan. Bisa juga anda minta bantuan orang di sekitar anda, suami, istri, anak anda, pegawai, dan orang di sekitar anda, agar mereka segera mengingatkan anda dengan janji-janji di atas, ketika anda sedang marah.

Pada kasus sebaliknya, ada orang yang marah di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliaupun meminta salah satu sahabat untuk mengingatkannya, agar membaca ta’awudz, A-‘udzu billahi minas syaithanir rajim..

وَقَالَ: له أحد الصحابة «تَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ» فَقَالَ: أَتُرَى بِي بَأْسٌ، أَمَجْنُونٌ أَنَا، اذْهَب

“Salah satu temannya mengingatkan orang yang sedang marah ini: ‘Mintalah perlindungan kepada Allah dari godaan setan!’ Dia malah berkomentar: ‘Apakah kalian sangka saya sedang sakit? Apa saya sudah gila? Pergi sana!’ (HR. Bukhari 6048).

Kelima, Segera berwudhu atau mandi

Marah dari setan dan setan terbuat dari api. Padamkan dengan air yang dingin.

Terdapat hadis dari Urwah As-Sa’di radhiyallahu ‘anhu, yang mengatakan,

إِنَّ الْغَضَبَ مِنْ الشَّيْطَانِ وَإِنَّ الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنْ النَّارِ وَإِنَّمَا تُطْفَأُ النَّارُ بِالْمَاءِ فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَوَضَّأْ

Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu. (HR. Ahmad 17985 dan Abu Daud 4784)

Dalam riwayat lain, dari Abu Muslim Al-Khoulani, beliau menceritakan,

Bahwa Amirul Mukminin Mu’awiyah radhiyallahu ‘anhu pernah berkhutbah di hadapan masyarakat. Dan ketika itu, gaji pegawai belum diserahkan selama dua atau tiga bulan. Abu Muslim-pun berkata kepada beliau,

‘Hai Muawiyah, sesungguhnya harta itu bukan milikmu, bukan milik bapakmu, bukan pula milik ibumu.’

Mendengar ini, Muawiyah meminta hadirin untuk diam di tempat. Beliau turun dari mimbar, pulang dan mandi, kemudian kembali dan melanjutkan khutbahnya,

‘Wahai manusia, sesungguhnya Abu Muslim menyebutkan bahwa harta ini bukanlah milikku, bukan milik bapakku, bukan pula milik ibuku. Dan Abu Muslim benar. kemudian beliau menyebutkan hadis,

الغضب من الشيطان ، والشيطان من النار ، والماء يطفئ النار ، فإذا غضب أحدكم فليغتسل

Marah itu dari setan, setan dari api, dan air bisa memadamkan api. Apabila kalian marah, mandilah.

Lalu Muawiyah memerintahkan untuk menyerahkan gaji mereka.

(HR. Abu Nuaim dalam Hilyah 2/130, dan Ibnu Asakir 16/365).

Dua hadis ini dinilai lemah oleh para ulama. Hadis pertama dinilai lemah oleh An-Nawawi sebagaimana keterangan beliau dalam Al-Khulashah (1/122). Syuaib Al-Arnauth dalam ta’liq Musnad Ahmad menyebutkan sanadnya lemah. Demikian pula Al-Albani menilai sanadnya lemah dalam Silsilah Ad-Dhaifah no. 581.

Hadis kedua juga statusnya tidak jauh beda. Ulama pakar hadis menilainya lemah. Karena ada perowi yang bernama Abdul Majid bin Abdul Aziz, yang disebut Ibnu Hibban sebagai perawi Matruk (ditinggalkan).

Ada juga ulama yang belum memastikan kelemahan hadis ini. Diantaranya adalah Ibnul Mundzir. Beliau mengatakan,

إن ثبت هذا الحديث فإنما الأمر به ندبا ليسكن الغضب ، ولا أعلم أحدا من أهل العلم يوجب الوضوء منه

Jika hadis ini shahih, perintah yang ada di dalamnya adalah perintah anjuran untuk meredam marah dan saya tidak mengetahui ada ulamayang mewajibkan wudhu ketika marah. (Al-Ausath, 1/189).

Karena itulah, beberapa pakar tetap menganjurkan untuk berwudhu, tanpa diniatkan sebagai sunah. Terapi ini dilakukan hanya dalam rangka meredam panasnya emosi dan marah. Dr. Muhammad Najati mengatakan,

يشير هذا الحديث إلى حقيقة طبية معروفة ، فالماء البارد يهدئ من فورة الدم الناشئة عن الانفعال ، كما يساعد على تخفيف حالة التوتر العضلي والعصبي ، ولذلك كان الاستحمام يستخدم في الماضي في العلاج النفسي

Hadis ini mengisyaratkan rahasia dalam ilmu kedokteran. Air yang dingin, bisa menurunkan darah bergejolak yang muncul ketika emosi. Sebagaimana ini bisa digunakan untuk menurunkan tensi darah tinggi. Karena itulah, di masa silam, terapi mandi digunakan untuk terapi psikologi.

(Hadis Nabawi wa Ilmu An-Nafs, hlm. 122. dinukil dari Fatwa islam, no. 133861)

اَللَّهُمَّ نَسْأَلُكَ كَلِمَةَ الحَقِّ فِي الرِضَا وَالغَضَبِ

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu kalimat haq ketika ridha (sedang) dan marah

[Doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam shalatnya – shahih Jami’ As-Shaghir no. 3039]

Read more

KOMENTAR PEMBACA
Arsip Komentar Kirim Komentar
Profil Mojokerto
Untitled Document
Loading the player...
Video Profil Mojokerto
Special Event
Agenda Kegiatan
Galeri
Galeri Hari Jadi Mojokerto
Link Penting
Pengadaan Barang dan Jasa
Download
Online Support
Info Pengunjung
© 2009 - 2017 Bagian Pengolahan Data Elektronik Pemerintah Kabupaten Mojokerto
Telp: Klik Disini Fax: (+62 321)391268 email: bagian_pde@mojokertokab.go.id