Pimpinan Daerah
WEB SUBDOMAIN
INFO PUBLIK
Artikel
15 Destinasi Wisata yang Wajib dikunjungi di Kabupaten Mojokerto

,2016-01-20 08:04:54

Mojokerto adalah salah satu wilayah tersohor yang terletak di daerah Provinsi Jawa Timur selain Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan dan yang lainnya. Hal yang membuat Kota Mojokerto layak dikunjungi yaitu di sana terdapat beragam obyek wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan lokasi wisata lain di Indonesia. Berbagai jenis atau tema pariwisata dapat dijadikan alternative untuk mengisi liburan bersama keluarga tercinta, mulai dari wisata alam yang mengasyikkan hingga wisata tempat bersejarah peninggalan Kerajaan Majapahit yang dapat menambah wawasan anak.

Berbagai tempat wisata yang ada di Mojokerto bukan hanya diminati oleh masyarakat sekitar ataupun wisatawan domestic saja, namun keistimewaan beragam tempat di sana juga dilirik oleh para wisatawan asing mancanegara. Dari sekian banyak pilihan lokasi wisata yang bisa anda jadikan alternative liburan, di bawah ini ada 15 tempat wisata di Mojokerto yang menarik untuk dikunjungi dan perlu anda kenali lebih dalam sebelum mendatanginya, yaitu:

 Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Mojokerto
 Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Mojokerto

 

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Mojokerto

Tempat pelestarian berbagai peninggalan zaman purbakala selayaknya menjadi salah satu pilihan wisata yang cocok bagi anak-anak. Selain menambah wawasan secara teori, anak-anak juga bisa melihat langsung berbagai koleksi peninggalan purbakala yang dilestarikan sekaligus mengamatinya dari dekat. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala ini terletak di Kecamatan Trowulan, Mojokerto.

 Situs Kedaton Mojokerto
 Situs Kedaton Mojokerto

 

Situs Kedaton Mojokerto

Ada banyak lokasi bersejarah yang ada di Mojokerto dan menarik untuk anda kunjungi. Salah satunya yaitu Situs Kedaton yang lokasinya berada di Dusun Kedaton, Sentonorejo, Kecamatan Trowulan. Di sana, anda akan melihat suatu kompleks yang berisi sisa bangunan kuno yang terbuat dari batu bata merah yang diduga merupakan sisa bangunan dari abad ke-13 dan peninggalan Kerajaan Majapahit. Selain itu, anda juga akan melihat Candi Kedaton dan Sumur Upas yang tempatnya masih berada di sekitar Situs Kedaton.

 Candi Bajang Ratu Mojokerto
 Candi Bajang Ratu Mojokerto

 

Candi Bajang Ratu Mojokerto

Sama seperti lokasi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala dan Situs Kedaton, Candi Bajang Ratu juga terletak di Kecamatan Trowulan. Lebih tepatnya, salah satu candi Trowulan peninggalan Kerajaan Majapahit yang ada di Mojokerto ini terletak di Desa Temon wilayah tersebut.

 Makam Troloyo Mojokerto
 Makam Troloyo Mojokerto

Makam Troloyo Mojokerto

Makam Troloyo menyimpan banyak sejarah masa lampau yang sampai saat ini masih menjadi salah satu destinasi obyek wisata bersejarah yang layak dikunjungi dan berhasil menciptakan daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Makam ini berada di Kecamatan Trowulan, lebih tepatnya di wilayah Sentonorejo yang sering dijadikan tempat wisata berziarah oleh masyarakat ataupun wisatawan.

 Candi Brahu Mojokerto
 Candi Brahu Mojokerto

Candi Brahu Mojokerto

Selain berkunjung ke Candi Bajang Ratu, anda juga bisa mendatangi candi lainnya yang ada di Kecamatan Trowulan, yaitu Candi Brahu. Candi Brahu yang berada di Desa Bejijong ini dapat anda kunjungi ketika liburan dengan melihat-lihat struktur candi di sana sambil mengabadikan gambar dan lain sebagainya.

 Candi Tikus Mojokerto
 Candi Tikus Mojokerto

Candi Tikus Mojokerto

Candi Tikus merupakan salah satu tujuan wajib yang perlu dikunjungi bila anda tengah menuju candi-candi di wilayak Kecamatan Trowulan. Candi Tikus berlokasi di Desa Temon, sama seperti Candi Bajang Ratu.

 Candi Wringin Lawang Mojokerto
 Candi Wringin Lawang Mojokerto

Candi Wringin Lawang Mojokerto

Untuk melengkapi perjalanan wisata bersejarah anda, satu lokasi candi Trowulanyang dipercaya sebagai candi-candi peninggalan zaman kerajaan Majapahit lainnya yang perlu anda datangi bersama rombongan keluarga bila datang ke Kecamatan Trowulan yaitu Candi Wringin Lawang yang ada di Desa Jati Pasar.

 Kolam Segaran Mojokerto
 Kolam Segaran Mojokerto

Kolam Segaran Mojokerto

Selain candi dan lokasi bangunan bersejarah, ada pula Kolam Segaran yang terletak di Kecamatan Trowulan, Kota Mojokerto yang dipercaya sebagai salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit. Kolam ini memiliki ukuran yang sangat besar sehingga dianggap sebagai salah satu symbol atau bukti kejayaan Kraton Majapahit pada masa itu. Bahkan sampai saat ini, Kolam Segaran yang ada di Desa Segaran dianggap sebagai kolam kuno terbesar yang ada di Indonesia.

 Patung Budha Tidur Mojokerto

Mahavihara Majapahit Patung Budha Tidur Mojokerto

Mahavihara Majapahit merupakan salah satu tempat wisata yang terbilang unik dan menarik. Karena di sana, anda akan melihat patung budha tidur yang sangat identik dengan tempat peribadatan umat Budha. Patung tersebut berada di samping vihara, memiliki ukuran yang besar dan menjadi patung budha tidurberwarna emas terbesar ketiga di dunia. Itulah yang menjadi salah satu keunikan dan daya tarik wisata tersendiri bagi para pengunjung untuk datang ke Mahavihara Majapahit di Desa Bejijong, Mojokerto tersebut.

 Pendopo Agung Trowulan Mojokerto
 Pendopo Agung Trowulan Mojokerto

Pendopo Agung Trowulan Mojokerto

Masih dari wilayah Kecamatan Trowulan, ada juga bisa mengunjungi Pendopo Agung Trowulan yang ada di Desa Temon untuk melengkapi agenda perjalanan liburan selama di Mojokerto.

 Museum Trowulan Mojokerto
Museum Trowulan Mojokerto

Museum Trowulan Mojokerto

Museum Trowulan merupakan salah satu museum arkeologi terkenal yang ada di Mojokerto, tepatnya ada di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan. Ada berbagai koleksi peninggalan Kerajaan Majapahit secara lengkap, ada juga koleksi kerajaan lainnya seperti Kerajaan Kahuripan, Kediri dan Singasari yang bisa anda lihat di sana guna menambah wawasan.


 Air Terjun Coban Canggu Mojokerto

Air Terjun Coban Canggu Mojokerto

Jika anda ingin menyegarkan pikiran dan rileksasi dengan melihat-lihat pemandangan alam yang istimewa, anda dapat memilih Air Terjun Coban Canggu sebagai salah satu destinasi wisata bersama keluarga jika berkunjung ke Mojokerto. Lokasi wisata alam ini terletak di Kecamatan Pacet, persisnya berada di Desa Padusan. Karena tempat ini cukup populer dan diminati berbagai kalangan masyarakat, maka jangan heran jika di wilayah tersebut terdapat vila-vila atau penginapan yang nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat ketika liburan bagi wisatawan.

 

 Pemandian Ubalan Mojokerto
 Pemandian Ubalan Mojokerto

Pemandian Ubalan Mojokerto

Setelah mengunjungi Air Terjun Coban Canggu, rasanya sayang jika anda tidak mendatangi Pemandian Ubalan yang letaknya berada di Desa Padusan dan masih berada di lokasi yang sama yaitu Kecamatan Pacet, Mojokerto. Di tempat ini, anda juga bisa mengajak anak bermain di taman bermain dan melihat ikan dengan suasana yang tenang dan asri.

 Air Terjun Dlundung Mojokerto
 Air Terjun Dlundung Mojokerto

Air Terjun Dlundung Mojokerto

Melirik ke Desa Kemloko di Kecamatan Trawas, anda juga akan menemukan lokasi wisata alam yang tidak kalah mempesona yaitu Air Terjun Dlundung. Tempat cocok bagi anda yang menyukai suasana alam yang sejuk dan merindukan suasana alam yang menenangkan.

 Candi Jalatunda Mojokerto
 Candi Jalatunda Mojokerto

Candi Jalatunda Mojokerto

Selain Air Terjun Dlundung, ada juga Candi Jalatunda yang bisa anda datangi bila sedang berkunjung ke Kecamatan Trawas, Mojokerto. Tidak kalah menarik dari candi lainnya yang berada di Kecamatan Trowulan, Candi Jalatunda yang ada di Desa Seloliman juga patut anda kunjungi guna melengkapi rangkaian perjalanan wisata bersejarah anda bersama rombongan selama berada di sana.

Itulah beberapa lokasi wisata di Mojokerto, Jawa Timur yang patut anda kunjungi apabila berencana untuk menghabiskan waktu libur mendatang bersama keluarga dan kerabat. Untuk informasi hotel di mojokerto termasuk paling murah jika dibandingkan dengan kota besar lainnya, harga berkisar mulai Rp. 150.000 sampai Rp. 500.000 per malam, anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di mojokerto mulai dari wisata bersejarah, peninggalan-peninggalan kuno hingga wisata alam dapat anda jadikan alternatif liburan seru yang pastinya memuaskan. Karena semua tempat wisata di Mojokerto tidak kalah menarik dari tempat lainnya, maka 15 tempat wisata di Mojokerto tadi patut anda jadikan destinasi liburan panjang yang menyenangkan. ( sumber : mojokertopost.com)

Artikel ini dibaca : 10363 Kali
Download : PDF
15 Destinasi Wisata yang Wajib dikunjungi di Kabupaten Mojokerto
© 2009 - 2017 Bagian Pengolahan Data Elektronik Pemerintah Kabupaten Mojokerto
Telp: Klik Disini Fax: (+62 321)391268 email: bagian_pde@mojokertokab.go.id