Pimpinan Daerah
WEB SUBDOMAIN
INFO PUBLIK
Berita Mojokerto
Sidak UNPK 2016 Tingkat SMP UN Jadi Instrument Ukur Indeks Integritas Sekolah

Admin,2016-05-11 07:09:09

Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, melakukan sidak (inspeksi mendadak) di hari ke-dua pelaksanaan Ujian Nasional Pensil dan Kertas (UNPK) tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) tahun 2016, di SMP Negeri 1 Sooko, Selasa 10 Mei 2016. Ia didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Kabupaten Mojokerto, Yoko Priyono.             Pungkasiadi yang tiba sesaat sebelum jam mengerjakan soal, melakukan kontrol kelancaran secara random di beberapa ruangan. Ia berhenti hanya di depan pintu kelas saja, karena khawatir mempengaruhi konsentrasi siswa. Pungkasiadi juga mampir ke ruang pengawas yang sekaligus berfungsi sebagai ruang penyimpanan gadget ponsel milik peserta.

            “Kunjungan kami pagi ini selain untuk memantau kelancaran UN, juga memberi dukungan dan percaya diri peserta untuk mengerjakan dengan jujur. Meski bukan penentu kelulusan, tapi saya yakin peserta akan tetap fokus dan konsen tinggi. Mungkin dulu ketika UN masih jadi syarat mutlak kelulusan, para orangtua dan dewan guru cukup khawatir. Anak-anak juga cenderung abai dengan pelajaran selain yang di UN-kan, namun kini sudah berubah. Saya kira peserta ujian mampu menyelesaikan UN 4 hari dengan lancar, dan menjunjung tinggi integritas sekolah dengan berlaku jujur,” pesan Pung.  

            Kadispendik menjelaskan jika pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat di Kabupaten Mojokerto, diikuti 16.128 orang peserta dari 199 lembaga (124 SMP dan 75 MTs) yang tersebar di seluruh wilayah.  Namun Ia membenarkan jika ada 38 orang siswa yang tidak bisa mengikuti ujian, karena beberapa alasan.

            “Ada 38 siswa SMP di Kabupaten Mojokerto yang tidak ikut UN 2016. Enam siswa meninggal dunia baik karena sakit maupun kecelakaan, dua orang sakit demam berdarah, dan tiga puluh orang lagi karena alasan lain seperti mengundurkan diri atau pindah daerah. Saya kira angka ini masih masuk akal, nol sekian persen saja prosentasenya,” terang Yoko.  

            Para siswa akan menjalani UN selama empat hari pada 9-12 Mei. Peserta UN SMP menghadapi empat mata pelajaran yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang dimulai pukul 07.30 WIB sampai 09.30 WIB. Jadwal ini juga berlaku untuk pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) 2016, yang hanya dilaksanakan di SMPN I Ngoro. Keamanan naskah dan isu-isu pesan berantai berisi kunci jawaban, Yoko pastikan tidak akan terjadi.

            “Pelaksanaan UN kita pastikan aman. H-1 naskah sudah dikirim ke Polres, hari H langsung distribusi ke masing-masing sekolah dengan penjagaan yang baik. Anak-anak peserta UN juga sudah mengerti bahwa pesan berantai berisi kunci jawaban, merupakan hal yang sama sekali tidak bisa dipertanggungjawabkan,” pungkas Yoko.

            Tambahnya, kriteria penilaian diambil dari tingkat kehadiran siswa 90 persen, telah menyelesaikan seluruh mata pelajaran, mengikuti ujian kompetensi di sekolah, ikut dalam Ujian Akhir Sekolah (UAS), dan tentu saja UN sendiri.  

            Kepala Sekolah SMP 1 Negeri Sooko, Pudji Listijorini, menginformasikan jika hasil UN yang dikerjakan  akan langsung dikirmkan ke Dinas Pendidikan dan selanjutnya ke Provinsi Jawa Timur.  Terkait dengan angka kelulusan, Pudji memiliki pendapat jika UN bukan alat ukur satu-satunya. Namun point penting lain seperti kompetensi siswa, nilai harian, juga menjadi dasar penting untuk seleksi ke jenjang yang lebih tinggi, dan kejujuran.

            “Selain untuk melakukan pemetaan secara nasional, UN juga penting untuk melihat tingkat kejujuran ujian dengan hasil Ideks Integritas UN tiap sekolah. Indeks integritas merupakan indeks yang menunjukkan kejujuran siswa dan sekolah dalam pelaksaan UN. Prestasi dan kejujuran sangat penting, keduanya sebaiknya selaras,” ujar Pudji.(Bagian PDE+Bagian Humas Protokol) 

Berita ini dibaca : 446 Kali
Download : PDF
Sidak UNPK 2016 Tingkat SMP UN Jadi Instrument Ukur Indeks Integritas Sekolah
© 2009 - 2017 Bagian Pengolahan Data Elektronik Pemerintah Kabupaten Mojokerto
Telp: Klik Disini Fax: (+62 321)391268 email: bagian_pde@mojokertokab.go.id