Pimpinan Daerah
WEB SUBDOMAIN
INFO PUBLIK
Berita Mojokerto
Ngonthel Bareng di Bumi Majapahit Tahun 2016 Punya Reputasi Kuat, Sepeda Onthel Semarakkan Hari Jadi

Admin,2016-05-16 07:16:34

            Sekitar 3000 onthelis memadati lapangan Pendopo Agung Trowulan, untuk ikut menyemarakkan gempita Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-723 melalui acara Ngonthel Bareng di Bumi Majapahit Tahun 2016. Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, memberangkatkan langsung para pecinta sepeda juang (onthel) yang mengayuh rute sepanjang 11 km melintasi situs-situs sejarah Kerajaan Majapahit.

Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Mojokerto, Ustadzi Rois, mengatakan dalam sambutan pembukaan bahwa animo masyarakat terutama para pecinta sepeda onthel sangat baik. Selain berpartisipasi dalam rangka memerihakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Mojokerto, juga menjadi sarana promosi pariwisata andalan Trowulan.

“Kegiatan Ngonthel Bareng di Bumi Majapahit Tahun 2016 merupakan kali ke-dua untuk kita. Animo masyarakat sangat luar biasa, onthelis dari KOSTI (Komunitas Sepeda Tua Indonesia) Jawa Timur kurang lebih 3000 orang. Onthelis dari luar provinsi yakni dari Jawa Barat juga ikut memeriahkan, kita bisa sekalian promosi pariwisata andalan Trowulan,” terang Rois, Minggu 15 Mei 2016.

Rute ngonthel sendiri dimulai dari titik start di Pendopo Agung Trowulan, Candi Kedaton, Makam Syech Jumadil Kubro, Candi Tikus di Desa Temon, Candi Bajang Ratu, Candi Minakjinggo, Makam Putri Cempa, Kolam Segaran, Museum Majapahit, dan finish di Pendopo Agung Trowulan lagi.

Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, mengungkapkan rasa bangganya akan perkembangan komunitas pecinta sepeda tua. Sepeda onthel yang lekat dengan perjuangan bangsa Indonesia kala berjuang melawan penjajah, hingga kini masih eksis dan bisa digunakan sebagai sarana berpromosi pariwisata salah satunya dengan acara Ngonthel Bareng di Bumi Majapahit Tahun 2016.

“Sepeda tua atau sepeda untho yang jamak dipakai pada masa penjajahan, memiliki reputasi yang kuat dan kualitas tinggi. Saya terkesan dengan antusiasme teman-teman onthelis, baik dari KOSTI maupun masyarakat umum. Saya dengar ada kawan-kawan dari Jawa Barat yang berhari-hari mengayuh onthel nya menuju ke sini. Kesempatan ini bisa kita manfaatkan sebagai wahana promosi pariwisata. Semoga kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin tahunan,” harap Pung.        

Salah seorang anggota panitia acara, S. Kresno, mengonfirmasi jika ada banyak onthelis yang berasal dari luar Mojokerto bahkan luar provinsi. Selain memenuhi hobi, tujuan onthelis pada umumnya adalah meningkatkan rasa persaudaraan sekaligus bertukar informasi mengenai sepeda onthel.

            “Iya benar, ada kawan-kawan onthelis yang datang dari beberapa daerah di Jawa Barat, ada Bandung, Tasikmalaya, Sukabumi, dan beberapa lainnya. Mereka ngonthel selama kurang lebih 6 hari dari kota asal. Karena memang sudah hobi dan semangat komunitas ya,  kumpul-kumpul di event akbar seperti ini juga mereka manfaatkan untuk bertukar info misal onderdil atau spare part sepeda,” terangnya.

            Selain KOSTI, Ngonthel Bareng di Bumi Majapahit kali ini juga diikuti oleh LCC (Lodeh Cycling Club) yang merupakan komunitas pesepeda para anggota Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) yang diketuai oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Akhmad Jazuli.(Bagian PDE+Bagian Humas Protokol) . 

Berita ini dibaca : 301 Kali
Download : PDF
Ngonthel Bareng di Bumi Majapahit Tahun 2016 Punya Reputasi Kuat, Sepeda Onthel Semarakkan Hari Jadi
© 2009 - 2017 Bagian Pengolahan Data Elektronik Pemerintah Kabupaten Mojokerto
Telp: Klik Disini Fax: (+62 321)391268 email: bagian_pde@mojokertokab.go.id