Pimpinan Daerah
WEB SUBDOMAIN
INFO PUBLIK
Berita Mojokerto
GERNAS MANJUR HUT HIMPAUDI ke-11 Falsafah Kejujuran, Ibarat Mata Uang Universal

Admin,2016-05-23 07:18:09

GERNAS MANJUR (Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur) melalui Dongeng, Musik dan Main di PAUD, serta Pembelajaran Bermakna dan Menyenangkan Keluarga, menjadi tema HUT HIMPAUDI (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini) ke-11. Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto, Ikfina Kamal Pasa beserta Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, menanamkan pesan kejujuran sejak dini kepada ratusan murid PG-TK Al-Izzah, Desa Setoyo Balongmojo, Kecamatan Puri, Jumat 20 Mei 2016 pagi.

            “Kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimanapun, sifatnya universal. Orang yang jujur dalam laku dan tutur akan selalu dihargai dalam hidup. Saya berharap para penggerak GERNAS MANJUR Kabupaten Mojokerto baik itu pendidik maupun orangtua, bisa menanamkan falsafah ini pada anak-anak sejak dini,” ujar Bupati dalam sambutan.

            Didukung Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan juga Komisi Permberantasan Korupsi (KPK), GERNAS MANJUR HUT Himpaudi ke-11 yang digelar serentak se-Indonesia ini, Bupati mengajak pihak-pihak swasta seperti perusahaan dan bank untuk mendukung gerakan ini melalui CSR (Coorporate Social Responsibility).

            “GERNAS MANJUR merupakan gagasan brilian yang berhasil diwujudkan, akan makin sempurna jika didukung pihak-pihak swasta seperti korporasi atau bank berupa kegiatan CSR. Membentuk karakter jujur pada anak merupakan tanggung jawab sosial kita semua, sebab anak-anak merupakan tunas muda penerus bangsa,” tambah Bupati.

            Ketua HIMPAUDI Kabupaten Mojokerto, Khoirul Izza, meyakini jika kejujuran merupakan sebuah pondasi dan intergritas bangsa yang mengantar ke kehidupan bahagia. “Kejujuran merupakan pondasi dan intergitas bangsa. Pembelajaran Aku Anak Jujur sesuai dengan 10 Prinsip PAUD yakni belajar melalui bermain, berorientasi pada perkembangan anak, berorientasi pada kebutuhan anak, berpusat pada anak, pembelajaran aktif, berorientasi pada pengembangan nilai-nilai karakter, berorientasi pada pengembangan kecakapan hidup, didukung oleh lingkungan yang kondusif, berorientasi pada pembelajaran yang demokratis, dan pemanfaatan media belajar, sumber belajar, dan narasumber penggunaan,” lengkap Izza.

            Ikfina selaku Bunda PAUD, lewat ‘sapaan cinta’ menstimulasi seluruh murid PG-TK Al-Izza Puri untuk percaya diri menjadi anak jujur. Ikfina yang merupakan first lady Kabupaten Mojokerto, bahkan ikut memandu gerak dan senam ‘Si Kumbi Anak Jujur’ bersama sang suami, Bupati Mustofa Kamal Pasa. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Yoko Priyono, dan SKPD terkait, juga berbaur dalam keceriaan ratusan murid PG-TK Al-Izza yang antusias dan kompak. 

            HUT HIMPAUDI ke-11 ditutup dengan sesi parenting yang diberikan langsung oleh Ikfina Kamal Pasa. Dalam salah satu materinya, Ikfina menekankan pentingnya mendengarkan dengan seksama perkataan anak. Ia berpesan kepada para orangtua, agar tidak mengintervensi dan membebankan kesalahan yang telah diperbuat anak.

            “Anak-anak tidak boleh diintervensi dan ditakut-takuti, karena anak di usia 3-6 tahun rata-rata sudah bisa menalarkan apa yang mereka terima sebagai suatu pesan. Tetap berlaku dan bertutur lembut, akan memaksimalkan potensi mereka baik dari tumbuh kembang maupun intelegensia,” pesan Ikfina.(Bagian PDE+Bagian Humas Protokol)  

Berita ini dibaca : 237 Kali
Download : PDF
GERNAS MANJUR HUT HIMPAUDI ke-11 Falsafah Kejujuran, Ibarat Mata Uang Universal
© 2009 - 2017 Bagian Pengolahan Data Elektronik Pemerintah Kabupaten Mojokerto
Telp: Klik Disini Fax: (+62 321)391268 email: bagian_pde@mojokertokab.go.id